kakak,
pramuka garuda bisa jadi jarang bahkan tidak ada. kalo pun ada, ya jumlahnya
bisa diitung ama jari. kenapa ? faktor sosialisasi utamanya. setiap anak didik
punya potensi untuk mengejar pramuka garuda, namun pernahkah ada sosialisasi
dari kwartir mengenai uji pramuka garuda ? saya sendiri pernah bertanya kepada
pengurus kwarcab namun mereka sendiri enggak tau. lha ?
maaf, tapi saya sering menganggap komunikasi antara gudep dengan
kwartir-kwartir enggak nyambung. atau haruskah kita berkata " pembina gudep
pasif enggak mau tanya" yang dibalas "orang kwartir cuek enggak mau tau
aspirasi gudep"

salam Pramuka