Salam Pramuka,
  Saya telah mendapat SMS dari Ka Kwarnas GP dan kemarin ditelepon oleh Sesjen
Kwarnas GP, yang memberitahu bahwa Kwarnas GP telah membuat surat edaran
mengenai hal ini (pramuka dan politik praktis) ke semua Kwarda/Kwarcab.
  Sayang saya belum sempat ke Kwarnas, tapi mudah-mudahan nanti bisa dimuat
juga di situs web Kwarnas GP (mohon kalau kakak pengelola situs web Kwarnas GP
membaca ini, edaran Kwarnas itu bisa di-upload).
  Inti edarannya, pramuka harus tetap berpegang pada AD & ART Gerakan Pramuka.
Kalau mau ikut/aktif dalam politik praktis, silakan atas nama pribadi, tapi
jangan membawa organisasi GP.
  Terima kasih.

  salam hormat,
  Berthold Sinaulan