Salam Pramuka,

Kalau soal "satuan terpisah" bukan urusan terbentur dengan SK atau
birokrasi, tapi ini soal yang prinsip !

Memang ini PR yang tidak selesai-selesai, yang barangkali tinggal ada
itikad tidak.

Solusi :
1. Titik tumpu kegiatan di regu sehingga mereka bisa berproses sendiri
walau pembina puteri tidak ada.
2. Para Pemimpin Regu puteri di-bibit untuk jadi pembina puteri
3. Saat mereka sudah penegak, mereka diminta terjun sebagai Instruktur
Muda di pasukan
4. Manakala sudah berusia di atas 20 tahun, mereka mulai ditarik jadi
pembantu pembina.

Dengan demikian, pembina putera tidak perlu turun langsung ke pasukan
puteri.

Ancupi dan Anrupi perlu lebih peduli dan turba.

Hendro Prakoso

--- In pramuka@yahoogroups.com, Ryan Samudera <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salam Pramuka
>

> Wah ka , kalo semua kegiatan terbentur dengan SK-SK an, kapan maju
ni Pramuka indonesia, liat keadaan sekarang, peminat pramuka saja
sudah berkurang (yang terlihat di Jakarta loh, ga tau kalo daerah)

> trus Solusi apa yang kakak tawarkan bila terbentur dgrn keadaan
tetapi gudep tersebut merupakan bibit yang baik?/

> cmon guys.... jangan kreativitas kita terhenti hanya karena suatu
masalah birokrasi....   ya tpi inilah warisan Orde Baru

> BR/
>
> Ryan S

ASEAN ke 2)

> Salam Pramuka,
>
> Maaf kalau kata-kata saya mengganggu ya, tapi agak aneh gitu kok bisa
> seorang putera membina satuan puteri, meski hanya pembantu pembina
gitu kak,
> kan sudah jelas kak dalam pramuka itu satuan terpisah, hanya siaga
putera
> saja yang boleh dibina pembina puteri (puteri nya gak boleh dibina
putera).

> Saya tidak menyalahkan kaka Asep atau siapa-siapa dalam hal ini,
tapi saya
> menghimbau marilah kita patuhi pedoman dan aturan yang berlaku di
Pramuka,
> kecuali kalau aturan itu sudah berubah, kalau sudah berubah, sudi
Kiranya
> kakak-kakak di sini memberitahu saya SK Kwarnas No. berapa yang
> memperbolehkan hal tersebut.
>
> Sekian
>
> Salam Pramuka.
>
> Aries Aprilian