From: Dhanapala Scout <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [Pramuka] Badge Kontingen "Jambore ASEAN 2008"??? Kenapa Enggak?
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Sunday, September 21, 2008, 10:29 PM

Menurut saya, masalah pembuatan Badge Kontingen di Indonesia adalah masalah
kebiasaan/ kelaziman, bukan penghematan.

Lazim/ terbiasa untuk scouting? Ya!

Saat Jambori Pengakap Malaysia 2006 (Jamnas-nya Malaysia), saya punya beberapa
badge kontingen negeri, diantaranya kontingen Johor, Kedah, KL, Negeri 9,
Malaka, dll.
Bahkan dari teman di Philippines, ada juga badge kontingen JAMDUN dari
Kontingen Manila.

Kalau dibandingkan dengan perlengkapan kontingen lainnya yang lebih mahal,
* Jaket kontingen
* Topi kontingen
* Rompi kontingen
* Kaos, training olah raga, scraft, dll
Apalah arti sebuah badge?

Semua perlengkapan kontingen diatas punya fungsi yang sama dalam hal marketing
di kontingennya. Tapi diantara sekian banyak item yang ada, hanya badge
kontingen yang boleh dikenakan di seragam Pramuka kan?
Tinggal sekarang adalah adanya keinginan dan kreativitas masing-masing Pinkon.

Oya, Kontingen Jakarta Pusat sudah pernah punya untuk kegiatan Raimun Nasional
2008. Bentuknya oval berwarna oranye, dijahitkan di dada kiri seragam Pramuka.
Saya sempat kebagian satu.

Nah... apakah kita akan terbiasa?
Nanti kita lihat di JAMBORE ASEAN 2008...

Salam...
FUAD