Kak Kukuh dkk.

Salam Pramuka,

Sebagai salah seorang moderator, pada akhirnya saya tidak menyukai sensor. saya
sadari betul bahkan di milis ini ternyata harapan setiap orang berbeda.

Mulanya saya berpendapat bahwayang boleh masuk milis ini hanyalah seputar
Pramuka, dan saya pernah mereject hal-hal yang berbau politik. ternyata pilihan
saya tidak disepakati sejumlah anggota milis.

Posting macam mana yang boleh masuk milis ini ? Selera akan bermain. kak hendry
yang berpendapat email-email berisi pengembangan diri bermanfaat. Sementara ada
yang tidak suka. Kalau demikian, kepentingan siapa yang harus kita layani ?

Seharusnya kita bisa melakukan self-censored. kalau tidak bermanfaat, tinggal
dibuang. Kenapa email-email seputar Jambore ASEAN dan Kak Ipung menjadi
panjang, pada dasarnya karena email ini terus ditanggapi. Maka terus saja
pembicaraan berkembang. Jika tidak direspon maka akan berhenti sendiri.

Salah satu member yang merasa masih peserta didik pernah mengeluhkan postingan.
Saya pikir anda bisa jadi peserta didik yang bijak dan melakukan self-censor..

Saya kira kita juga perlu menghadapi dunia nyata, the other story of Gerakan
Pramuka, bahwa banyak hal-hal yang tidak lurus, bisa kita cermati dan kita bisa
mendapat pelajaran disertai iekad untuk melakukan perubahan. Yes we can, kata
Obama juga.

Kalau pun censorship mau dilakukan para moderator harus sepakat dulu dengan
kriteria posting. Atau haluan besar dibuat oleh Owner, Kak Kukuh.

Maaf, jika ada yang tidak sepakat.

Hendro Prakoso/ rimata66