Akhirnya ada juga yang membahas tentang Munas, setelah terjebak dengan
huru-hara antara Kak Ipunk dan adiknya.

Munas kali ini mungkin
akan berjalan dengan menarik, terlebih untuk memilih siapa Ka Kwarnas
08-13 mendatang. Walau mungkin, untuk kakak-kakak yang tidak menjadi
pimpinan Kwarda tidak banyak terlibat dan tidak punya suara pula, tapi
alangkah baiknya kalau kita-kita yang tidak terlibat ini juga dapat
mengetahui siapa saja bakal calon Ka Kwarnas mendatang.

Nah,
berdasarkan obrolan yang saya dengar (berhubung obrolan, jadi sangat
dimungkinkan kalau datanya tidak tepat atau tidak up-to date), Kwarnas
bulan lalu sudah meminta Kwarda-Kwarda untuk mengirimkan usulan nama-nama
calon Ka Kwarnas mendatang. Dari obrolan tersebut, ternyata muncul empat
tokoh usulan Kwarda-Kwarda yang saya yakin Kakak-Kakak pasti sudah
mengetahui kelebihan kakak-kakak kita ini, yaitu Kak Azrul Azwar, Kak
Mardiyanto, Kak Suryadi Sudirdja, dan Kak Parni Hadi.

Kak Azrul
Azwar, Ka Kwarnas saat ini katanya diusulkan setidaknya 20 kwarda. Mantan
Dirjen di Departemen Kesehatan ini sangat ahli dalam berorganisasi. Sepak
terjang beliau di organisasi banyak dan pasti sudah pada tahu. Bagusnya
baca Gita Pramuka edisi 1 thn 2008. (nama majalahnya benar gak ya???)
Berbagai organisasi, dari HMI, IDI sampai ILUNI UI pernah beliau pimpin.
Aktif pula dalam organisasi internasional. Bahkan, beliau saat ini
berhasil membangun organisasi semacam APR untuk wilayah ASEAN pada Oktober
lalu.

Kak Mardiyanto, beliau saat ini Mendagri. Pidato beliau
dalam pertemuan Gubernur se-Indonesia pertama setelah dilantik salah
satunya tentang Gerakan Pramuka sebagai perekat bangsa. Beliau meminta
para Gubernur untuk membantu mengaktifkan terus Gerakan Pramuka di daerah
masing-masing. Bentuk dukungan beliau, dengan dikeluarkannya semacam
Keputusan Mendagri, di mana Gerakan Pramuka sebagai salah satu penerima
hibah di dalam APBN dan APBD. Sesuatu yang selama era reformasi, Kwarnas
tidak lagi banyak mendapatkan dukungan dana dari pemerintah. Dan secara
resmi Kak Mardiyanto bersedia apabila diminta menjadi Ka Kwarnas
mendatang. Saat ini didukung oleh Jawa Timur sebagai inisiator dan 12
kwarda lainnya.

Kak Suryadi Sudirdja, beliau adalah mantan
Mendagri di era Gus Dur memerintah. Sebelumnya, adalah gubernur DKI
Jakarta. Untuk sepak terjang beliau di Gerakan Pramuka saya kurang tahu,
kecuali beliau pernah menjadi Ka Mabida DKI Jakarta dan menutup PW Nas
2000 di Kendari (maklum waktu itu kan saya jadi Humas di PWN tersebut he
he he). Nah, yang mendukung beliau adalah Kwarda DKI Jakarta dan
Banten.

Kak Parni Hadi, beliau saat ini di Kwarnas adalah Waka
Humas dan pengabdian masyarakat serta Ketua Tim Pramuka Peduli (udah
diganti belum ya????) Soal keaktifan beliau di Kwarnas tidak diragukan
lagi. Jabatan beliau saat ini adalah Direktur RRI. Pengusul beliau dari
Kwarda mana saya kurang paham, tapi insya Allah ada.

Dari
obrolan ini, bisa jadi banyak salahnya, jadi harapannya Kakak-Kakak yang
aktif di Kwarnas bisa menyampaikan informasi yang lebih akurat. Itu dulu,
kalau kepanjangan nggak dibaca lagi he he he…

Farli

> kak Joko yang saya hormati...
>
> Ketika kita berbicara ideal nya sebuah organisasi yang tetap
konsisten
> terhadap peraturannya maka yang diharap PRAMUKA lah
jawabannya. walaupun
> sampai saat ini  belum ada yang
mengajukan  atau diajukan  untuk
> menjadi
ketua Kwarnas,  namun sebenarnya  banyak  kakak-kakak
qt
> yang  siap,  namun karena
kesantunan  dan  kesalehan beliau-beliau,

maka  beliau2  masih  malu2 untuk  menyatakan
diri.  semoga  tidak
> lama
lagi  muncul  sosok  figur  yang bisa
diharapkan  dapat
> membawa  Gerakan
Pramuka  kembali  pada  kejayaannya.

> saya yang di Banten
>
> Agus S Munandar

Purn. DKN_04

<[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> Dari: Joko Mursitho
<[EMAIL PROTECTED]>
> Topik: Re: [Pramuka] MUNAS dan
Kandidat Ketua Kwarnas
> Kepada: pramuka@yahoogroups.com

Tanggal: Selasa, 11 November, 2008, 9:34 PM

>             SETUJU
>

> MARI KITA MEMBIASAKAN YANG BENAR, KARENA
YANG SERING KITA ALAMI
> ADALAHÂ MEMBENARKAN
KEBIASAANÂ  YANG KEBIASAAN ITU BELUM TENTU BENAR.

From: hendrik manix <[EMAIL PROTECTED]
com>

> Subject: [Pramuka] MUNAS dan Kandidat Ketua
Kwarnas

> To: [EMAIL PROTECTED] .com
>
> Date: Tuesday, November 11, 2008, 4:16 AM
>

> Salam Pramuka,
>

> Apakah ada yang tahu kapankah pelaksanaan MUsyawarah Nasional?
>

> Menurut ketentuan ART, 2 bulan
sebelumnya nama-nama calon Ketua Kwarnas
> yang akan mengikuti
pemilihan seharusnya sudah dipublikasikan. Tapi sampai
> hari ini
kenapa masih diam-diam saja ?

Ingin juga dalam semangat keterbukaan, kita mulai bisa memilih Ketua
> secara terbuka, tidak lagi seperti zaman dulu lewat formatur
sehingga
> sering kita terkejut dengan ketua dipilih formatur.
>

> Hendro Prakoso

removed]

inginkan di domain baru @ymail dan
> @rocketmail.