Kakak-kakak yang saya kangeni,
Minggu 21 Desember 2008 saya (dan Kak Sarimurti Sri Budoyo) diminta oleh
Bapak Idham Samawi, Bupati Bantul (DIY), menjadi pembicara dalam seminar
dengan topik "Revitalisasi Gerakan Pramuka". Bapak Bupati ingin mengaktifkan
dan mengembangkan GP di wilayahnya, karena beliau melihat potensi yang luar
biasa di dalam GP. Kegiatannya tidak semata-mata "hujan-hujanan" dan "hidup
sengsara", tapi bisa juga "serba digital" dan "modern". Jadi hasil seminar
ini benar-benar diharapkan dapat segera diwujudkan untuk tahun 2009 nanti.
Itulah sebabnya hampir semua kepala dinas atau pejabat di bawah koordinasi
Pak Bupati, HARUS HADIR (eh, bukan maksa kan ya ini? hehehe).

Saya akan menyampaikan beberapa saran kepada Pemkab Bantul untuk memajukan
GP, di antaranya:

   1. Harus ada perhatian serius dari Pemerintah, misalnya dengan
   menyelenggarakan kegiatan tahunan yang bersifat kolosal, seperti Temu Siaga,
   Jambore, atau Raimuna, ditambah kegiatan2 lain yang "berbau anak sekarang",
   misalnya pentas blog, JOTI, atau apalah.
   2. Sudah barang tentu dukungan kepada para pembina harus jelas. Kalau
   bisa sih ada $, tetapi kalau tidak, cukup dengan diperhatikan, misalnya
   setiap ada acara, mereka (para pejabat, red) datang, ngasih semangat.
   Pembina pasti sudah senang.
   3. Mengadakan kegiatan yang sesuai dengan masing-masing gugus depan,
   dengan memanggil para pelatih di bidangnya. Mungkin ada filateli, mungkin
   ada rafting atau latihan naik perahu, atau mendirikan rumah sederhana rame2,
   entah dari terpal, entah dari barang2 bekas, dsb (kan mereka pernah dilanda
   gempa dahsyat).
   4. ... dan ide-ide lain --> ini yang saya tunggu dari kakak-kakak semua.

Oleh karena itu, bila kakak-kakak yang sudah banyak makan asam garamnya
kegiatan kepramukaan, would you please memberi saran kepada saya (dan kak
Sari), sehingga kami dapat memperbaiki makalah kami. Kami ingin Bantul
menjadi salah satu agent of change GP. Meskipun Bantul sebuah kabupaten
kecil, tetapi biasanya, dari yang kecil itulah perubahan besar terjadi.
Microsoft juga dimulai dari sebuah garasi rumah biasa :-)

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih dan kami benar-benar mengharapkan
uluran ide, wawasan, dan pengalaman dari kakak-kakak semua.

Salam,

Wing Wahyu Winarno
(bersama Kak Sarimurti)
http://maswing.wordpress.com