Kak Deny

Saya setuju dengan yang kakak katakan, berarti mungkin itu yg termasuk dlm
politik praktis (mohon maaf jk saya salah persepsi), krn disana masih ada
jalan musyawarah.

Lalu bgmn jika seharusnya bisa dilakukan dgn jalan musyawarah & mufakat ttp
ini dilakukan diluar tsb dan kl menurut pandangan sy musyawarah itu hy utk
legalitas sj, spt contoh misalnya suatu musyawarah yg seharus belum waktunya
dan dlm kepengurusan tdk terjadi sesuatu yg mendesak, ttp oleh sekelompok
orang dengan berbagai cara akhirnya musyawarah tersebut jadi dipercepat agar
kepentingan pribadinya terealisasi baik menjadi pengurus di tingkat tsb
maupun yg lebih tinggi. bahkan sampai mengumpulkan bbrp orang agar maksudnya
dpt berjalan dgn mulus. Kalaupun hanya mengumpulkan para kandidat sih tdk
mengapa, toh di dalam musyawarah tsb setiap calon akan memaparkan visi, misi
dan projanya, dan keputusan diambil secara aklamasi oleh forum musyawarah.

Secara pribadi sy melihat masalah tsb diatas, kok hampir sama dgn strategi
di partai politik, mohon maaf kl pemikiran sy keliru, inilah yg ada di
pemikiran sy yg sdh dinstall oleh para sesepuh pandu & pramuka, bahwa semua
hrs dijalankan melalui musyawarah & mufakat.

Jika hal itu baik silahkan di contoh oleh adik2 kita tetapi jk tdk baik
mohon jangan ditiru, krn dlm musyawarah bukanlah utk kepentingan sekelompok
org ttp utk kepentingan org byk, khususnya di gerakan pramuka, yg sifatnya
pengabdian, bkn utk mencari popularitas atau kepentingan individu.

Terima kasih.

Regards,

HENDRY RISJAWAN

  _____