ya, yang 'vital' nya GP selama ini spiritnya terlalu diintervensi birokrasi
negara/pemerintah, jadi harus diseimbangkan antara 'apirit negara ke nonnegara'
karena salah satu dasarnya GP adalah voluntarisme alias kesukarelaan... UU
boleh2 saja dibuat untuk kepastian regulasi... cuma penyelenggaraan operasional
diserahkan penuh ke masyarakat atau aktor2 non-negara... gitu dulu kali yach...

dmar