From: andijosua <andijo...@yahoo.co.id>
Subject: Fw: Re: [Pramuka] Polbin dipisah maka dewan kerja juga harus dipisah
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Monday, January 26, 2009, 9:01 AM

            dewan kerja tidak perlu di pisah,namun kakak pengurus dewan kerja

harus pandega,biarlah kakak penegak ngurus ambalan saja. jika kakak

pandega yang gurus dewan kerja maka pola pikir dewan kerja lebih

matang dan mampu berbicara dengan organisasi kemasyarakatan pemuda

dalam rangka membicarakan tentang pemuda. karena pramuka ini juga

bagian dari pemuda.

--- In pram...@yahoogroups .com, Pipit Hari Koesbianto <hiwata...@. ..>

wrote:

> From: Pipit Hari Koesbianto <hiwata...@. ..>

> Subject: Re: [Pramuka] Re: Polbin dipisah maka dewan kerja juga

harus dipisah

> To: pram...@yahoogroups .com

> Date: Sunday, 25 January, 2009, 7:04 PM

> Sekadar Informasi, kebetulan saya ikut membahas tentang ini (di

komisi yang membahas PP dan sebangsanya) pada saat Pra Musppanitera

Nasional di Makassar Bulan Nopember lalu, memang pemisahan wadah

pembinaan T dan D di Kwartir menjadi salah satu pokok pembicaraan,

mengingat dan mengacu pada saat itu tentang rancangan AD/ART yang akan

dibahas di Munas akan diadakan pemisahan DK hanya untuk T dan forum

bakti untuk Pandega.

> Namun Dewan Kerja se-Indonesia pada saat itu, menginginkan DK masih

tetap dalam satu wadah antara T dan D, dengan beberapa pertimbangan :

> Belum adanya piranti pendukung, termasuk tata aturan dan PP terkait

apabila memang akan diadakan pemisahan, jadi maksudnya harus ada

konsep yang jelas dulu dan disosialisasikan sampai tingkat Gugusdepan

baru maju kelangkah selanjutnya (belajar dari pengalaman munculnya

istilah dewasa muda tanpa ada piranti pendukung sehingga jadinya gak

jelas dan bikin bingung)

> Perlu adanya kajian mendalam mengenai hal ini, mengingat sebelumnya

belum pernah diadakan kajian mendalam  dan penggalian ide tentang hal

ini dan diusulkan dibentuk pokja pasca Munas khusus membahas tentang

hal ini (pemisahan).

> Terkait hal tersebut juga adalah mengenai Polbin T dan D yang harus

di up date dan dikaji lagi.

> Kemampuan Kwartir untuk benar2 mendukung DK sebagai wadah pembinaan

di Kwartir yang sudah seharusnya mendapat dukungan penuh dari Kwartir,

karena DK bukan wadah yang berdiri sendiri ataupun bukan

sebagai badan usaha/badan profit. Nah dalam hal ini keberdukungan

Kwartir dan kemampuan Kwartir juga menjadi pertimbangan( melihat juga

kondisi sampai dengan Kwarran), dirasa akan menjadi tambahan beban

bagi Kwartir apabila ada 2 wadah pembinaan T dan D didalam kwartir,

karena kemampuan kwartir baik dari sisi finansial dan SDM juga berbeda2.

> Pada intinya seluruh peserta sidang yang tergabung dalam komisi ini

(termasuk saya) bukannya menolak tentang adanya DK khusus T dan Forum

bakti untuk D, hanya saja dirasa terlalu cepat apabila disahkan di

Munas Desember yang lalu, mengingat sebelumnya belum pernah ada kajian

mendalam yang melibatkan DK tentang hal ini

> Juga akan menjadi PR bagi DKN baru untuk membentuk pokja tentang

Polbin, dengan belajar dari pengalaman lalu, tentang Pokja Polbin T/D

dimana kurang dilibatkannya praktisi dan orang yang ahli

dibidangnya sehingga mengakibatkan Pokja mandeg atau gak jalan.

> Karena membahas Polbin menurut saya juga harus melibatkan praktisi

dan orang yang memang ahli (Psikolog misalnya) karena include didalam

polbin juga tentang sisi Psikologis T/D, perkembangan jiwa dan

emosional yang menjadi dasar Polbin dan acuan pola yang bagaimana yang

pas bagi T/D, gitu dech.....

> --- On Sat, 24/1/09, dedemariana@ ... <dedemariana@ ...> wrote:

> From: dedemariana@ ... <dedemariana@ ...>

> Subject: Re: [Pramuka] Re: Polbin dipisah maka dewan kerja juga

harus dipisah

> To: pram...@yahoogroups .com

> Date: Saturday, 24 January, 2009, 7:44 PM

> Masih ada ya dk t dan d?

> Teruuusss... !

dipisah

> [...]

> formatur DKD nya belum final milih kabinet DKD DKI.. :)

> gitu Kakak kakak......

> kalau memang Penegak dan pandega dengan polbin nya masih dijadikan

> kader unggulan yang disiapin tuk estafet kepemimpinan kwartir, pusdik

> dan bahkan pemimpin kewilayahan nusantara... .., mbok yao... rada fokus

> lah kerja para pemegang kendali kebijakan penegak pandega yang duduk

> di dewan kerja...

> semoga semakin menjadi lebih baek... amin.. :)

> aji rachmat...

> "pengen bikin KIM ama dianpinsat dimana mana...!!"

Behalf