From: UDEX <udex...@yahoo.co.id>
Subject: Bls: [Pramuka] penambahan tkk
To: pramuka@yahoogroups.com
Date: Saturday, March 7, 2009, 6:13 PM

            Alhamdulillah. . di ITB sudah ada beberapa item SKK-TGG (Syarat
kecakapan khusus Teknologi tepat guna) sejak tahun 80an. jadi jauh sebelum saya
kuliah di ITB. dalam kurun 90an majalah pramuka (mapram) terbitan kwarnas juga
sempat mengulas setiap bulan.

saya ga tahu adanya TKK-TGG itu ada SK atau tidak. Setahu saya, waktu membaca
kumpulan SKK/TKK, sekelompok SKK-TGG yang diterapkan gudep ITB tidak ditemukan
di buku itu.

Jadi intinya sebaiknya menurut saya begini.

Jika kemarin-kemarin ada diskusi tentang ide updating SKU, itu baik. Tapi akan
lebih baik lagi, jika kita langsung terapkan saja kepada adik didik kita,
DENGAN CATATAN, kita tidak mengurangi item SKU yang ada. jadikan SKU yang ada
sebagai standard minimal yang harus dikuasai sebelum naik tingkat. Sama hanlnya
dengan kurikulum pendidikan dari Diknas. Sekolah kan dibebaskan untuk
menerapkan kurikulum tambahan, dengan catatan, tidak kurang dari standard
kurikulum diknas.

SKK juga demikian. Sejak 2001 silam, saya sudah prihatin melihat adik2 siaga
kita, kemampuannya tidak lebih baik dari pada anak-anak TKA. padahal TKA
usianya 4-6 tahun, sedangkan pramuka siaga (hijau) 7-10 tahun. Tapi itu di
pramuka ITB. semoga di tempat lain tidak seperti itu. Saya kurang bisa berbuat
banyak, karena waktu itu saya pembina penggalang. Tapi terus terang, adik-adik
siaga di ITB, lebih canggih menggunakan internet. Mereka udah akrab dengan
net-game, e-learning, chatting, e-mail, bahkan mereka sudah menggunakan
handphone (HP) pada saat pembinanya tidak memiliki HP.

Jadi, teman-teman pembina sebaiknya terapkan saja yang baik untuk adik-adik
kita tapi mengacu pada SKU yang sudah ada. sementara ini jangan menuntut apa2
ke Kwarnas kita. Jangankan harus membereskan SKU yang sekian tahun tidak up to
date, mereka masih sibuk dengan urusan ORGANISASI kok. Biarkan saja mereka
sibuk dengan urusan organisasi. Kalau mereka belum ada inisiatif updating SKU,
kita kan bisa Karang Pamitran di millis ini kan..

Jadi INGAT..! terapkan saja yang baik mengacu pada SKU yang ada. Mungkin.. SKU
itu dirancang untuk relevan dengan jaman apa pun, kalee...!

Semoga bermanfaat.. !

-udex

http://www.udex. co.cc