Salam Pramuka (sebelum jadi langka)

Ternyata amanat Munas untuk memperjuangkan UU Gerakan Pramuka jadinya malah
jadi bumerang bagi Gerakan kita. Sebenarnya saya dari awal sudah ragu karena
sadar ada kepentingan-kepentingan yang akan bermain di DPR dan ternyata jadilah
draft RUU jadi kayak begini.

Di tingkat pimpinan, Kwarnas harus lebih proaktif untuk lobby dan melakukan
pendekatan. Jangan hanya karena Menpora prefer 1 organisasi Kepanduan lalu
kwarnas jadi tenang-tenang.

Di jdaerah, kita bisa inventarisir para pengurus Kwartir yang sebenarnya
berasal dari berbagai afiliasi politik dalam kapasitas pribadi untuk
memperjuangkan organisasi yang ia pimpin untuk dipertahankan eksistensinya.

Di tingkat grass root, kita harus mulai kencang menyuarakan harapan kita. Saat
ini pernyataan Pramuka adalah perekat bangsa adalah kebenaran, karena kita
bersatu tanpa sekat karena dipersatukan janji dan darma yang sama dalam Gerakan
yang sama. saya sangat tidak rela bahwa sejarah 48 tahun lebih ini sirna dalam
satu ketokan palu.
Kita buktikan kita punya jutaan anggota (dan simpatisan) yang tetap
menginginkan keberadan Gerakan Pramuka sebagai National Scout Organizationnya
Indonesia sebagai suatu kesatuan, bukan federasi.

Kalau Kak Dede (dan juga Kak Ridlo) bereaksi berbeda ya pantas-pantas saja.
Wong keduanya berbeda dengan mayoritas yang lain, memang maunya Gerakan Pramuka
bukan organisasi tunggal, tapi pinginnya ada federasi.

Sekarang kita yang banyak ini maunya apa ?

Hendro Prakoso
Pembina di Kota Bandung