Saya yakin tidak ada perbedaan yg mencolok dalam kegiatan Kepanduan sepanjang
masa, perbedaan terjadi dikarenakan teknologi saja yang berkembang sesuai
dengan
masanya.

Saya pelaku Pramuka di akhir 80 sampai di awal 90, perbedaan yg sangat mencolok
hanya pada jumlahnya saja, dimana pada masa itu Anggota Pramuka boleh dikatakan
sangat banyak peminatnya, mungkin di karenakan pada masa itu belum banyak
organisasi lain yg berkembang seperti saat ini, dan boleh dikatakan organisasi
kepemudaan seperti Pencinta alam, Paskibra dll, memang sebenarnya juga adalah
pecahan dari Kepanduan.

Saat ini saya bekerja di Pemerintahan Ibu Kota Propinsi, saya sering melihat
acarax2 Pramuka yang berlangsung di Kantor saya, itu sangat membangkitkan
kenangan yg sangat Indah di saat2x saya SMP sampai SMA, dan saya lihat kegiatan
yg ada tidak jauh berbeda dengan kegiatan saat saya dulu ber Pramuka.

Ada sedikit harapan yg menggantung di hati saya, saya ingin sekali kejayaan
Pramuka bangkit kembali dimana bila di adakan LT II sampai LT III, jumlah regu
yang ikut sampai ratusan dan saat Jambore Nasional TV yang ada meliput semua
kegiatan .... ah kenangan yg manis sekali .... saat saya Jambore Nasional 91
kita di liput oleh TVRI rasanya sudah seperti Pemenang Indonesia Idol ..... he
he he he

Semoga saja harapan itu menjadi nyata lagi, sehingga anak saya nanti bisa ikut
kembali dalam kegiatan Kepanduan seperti saat saya dahulu.

Majulah Pramuka Indonesia, Selamat Hari Jadi ke-49, 14 Agustus 2010.
KAMI JADI PANDU MU

best regards,

m. ismail fahreza