Dikutip dari buku Sejarah Tuhan, p.18-19, Penerbit Mizan, terjemahan
dari: A History of God (c) Karen Armstrong, 1993:

Yesus Kristus, yang lebih sering dibicarakan orang Kristen
ketimbang "Tuhan" itu sendiri, tampaknya cuma merupakan figur
historis murni yang terjalin erat dengan masa lalu. Saya juga mulai
punya keraguan besar terhadap doktrin gereja. Bagaimana mungkin
mengetahui dengan pasti bahwa manusia Yesus merupakan inkarnasi
Tuhan dan apa arti kepercayaan itu? Apakah Perjanjian Baru benar-
benar  mengajarkan doktrin Trinitas yang rumit – dan sangat
kontradiktif – itu atau, ebagaimana banyak aspek keimanan lainnya,
merupakan hasil buatan para teolog berabad-abad setelah wafatnya
Yesus di Yerusalem?

Akhirnya, dengan penuh penyesalan, saya meninggalkan kehidupan di
biara, dan, segera setelah terbebaskan dari beban kegagalan dan
ketakmampuan yang mengendap dalam diri saya, saya pun merasakan
betapa keimanan saya kepada Tuhan diam-diam menyurut. Dia tak pernah
mengunjungi hidup saya walaupun saya telah mengerahkan segenap usaha
terbaik untuk memungkinkan hal itu dilakukan. Kini, saya tidak lagi
mereasa berdosa dan mencemaskannya. Dia terlalu jauh dari
kemungkinan untuk menjadi suatu realitas. Akan tetapi, perhatian
saya kepada agama teruse berlanjut. Saya merancang sejumlah acara
televisi mengenai sejarah awal Kristen dan hakikat pengalaman
keagamaan. Semakin saya mempelajari sejarah agama, semakin saya
mendapat pembenaran akan keraguan yang telah ada dalam diri saya
sebelumnya. Doktrin-doktrin Kristen yang pernah saya terima dengan
tidak kritis ketika kecil ternyata memang buatan manusia, yang telah
dikonstruksikan selama berabad-abad silam. Sains tampaknya telah
mengesampingkan Tuhan Pencipta dan para sarjana biblikal telah
membuktikan bahwa Yesus tidak pernah mengklaim dirinya suci.

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/uTGrlB/TM