Assalamu'alaikum,

--- In proletar@yahoogroups.com, "ade_kimhook2002"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Milis yg tidak dimoderasi itu banyak implikan yang tidak
> sedap. Soal milis @pakabar itu, ada baiknya dimoderasi
> oleh beberapa orang, bukan oleh moderator tunggal itu.
>
> Si Elceem sbg moderator banyak merugikan anggotanya.
> Efek bola salju, kebanjiran posting di milis, ya jelas, semakin
> banyak anggotanya akan semakin menarik anggota baru.
> Wajar.
>
> Yang tidak wajar itu, jika pemilihan posting menurut si
> modearator tunggal itu di setel spt statistik. Itu kan tolol !

Model moderator tunggal ala Elceem ini adalah equivalent model jaman
orba. Contoh kecil dari kekuasaan tunggal, yang menentukan boleh
nongol atau tidaknya posting (pendapat) orang berdasarkan seleranya.

Padahal para member apakabar - saya yakin - tau, paling tidak,
beberapa orang yg suka sumpah serapah atau menggunakan kata-kata
tidak sedap atau yg sibuk mempertontonkan kecenderungannya untuk
pergi ke psikiater - sudah banyak berkurang atau menahan diri ketika
mau nulis di apakabar. Ini suatu kemajuan dan hal yang postif memang.

Jadi, kalau mengelola milis publik dan kemudian memelototi 150
posting/hari dan memfilternya cuma berdasarkan seleranya, tentu saja
banyak yg dirugikan. Saya termasuk member yg dirugikan dg selera
sederhananya si Elceem hanya karena saya ingin membantah posting
(baca: ocehan) orang lain (orang-orang ini amat rajin posting di
apakabar) yg terkadang memutilasi fakta dg kata-kata ringkas dan
sedap demi tujuan mendiskreditkan.

Karuan saja beberapa posting bantahan saya itu (padahal saya jarang
posting) enggak bisa nongol karena 'kebetulan' enggak sesuai dg
seleranya.

Anyway, saya setuju kalau mau dimoderasi dengan beberapa orang,
sehingga dia enggak harus memelototi tiap hari 150 posting sambil
mencerna content-nya apakah sesuai dg seleranya atau tidak.

Salam,
M. A. Suryawan

> http://indonews.free.fr

What would our lives be like without music, dance, and theater?
Donate or volunteer in the arts today at Network for Good!
http://us.click.yahoo.com/pkgkPB/SOnJAA/Zx0JAA/uTGrlB/TM