terus terang saya tidak menyukai berumur panjang,
lebih baik berumur pendek tapi bisa berkontribusi sebaik mungkin...

ketika umur kita panjang, artinya kita mulai menyaksikan sahabat, keluarga, dan
teman yang pernah kita kenal dan sayangi meninggal dunia...

orang yang mati tentu tidak bisa bersedih, tapi yang ditinggalkannya yg akan
mengalami kesedihan...

sambil mendengarkan JL (si komunis kristen dari liverpool), ada dua hal yg
selama ini  membuat saya kadang menitikan air mata

1. kematian kakak saya, kematian kakak saya boleh dibilang dipercepat (ini ide
saya), karena sudah tidak bisa tertolong, saya paling gak kuat kalau melihat
anaknya yg masih kecil, secara rasional mungkin ide saya tepat, karena melihat
situasi saat itu memang kemungkinan terbaik mempercepat kematiannya, tapi sy
selalu dihantui perasaan agak bersalah, pernah sekali anaknya pulang ke solo
untuk mengunjungi makam mama-nya dan menanyakan mengapa saya tidak mau  ikut,
dan juga selalu  menanyakan mengapa saya tidak menangis? (saya selalu menangis
dalam hati, dan berusaha menahan tegar)

biasanya anaknya sering bertanya kepada saya  masalah ilmu2 alam dalam tingkat
sederhana, namun belakangan pertanyaan ttg saya dan mama-nya agak sering
ditanyakan

2. Saya sering teringat Pak Umar Said, meski saya belum pernah bertemu fisik
dengannya, tapi beliau cukup rajin men-cc email kepada saya, dan saya ingat
betul, beberapa hari sebelum Pak Umar Said meninggal, beliau mengirim saya
email, dan lalu saya menjawabnya untuk minta advise kira-kira langkah apa yang
selanjutnya untuk dilakukan...

tentu saja email itu tidak pernah dijawabnya, karena beliau telah meninggal...

3. Agama, terutama islam mempunyai gambaran kematian yang cukup buruk,
inspirasi ttg indahnya kematian saya dapatkan dari Steven Paul Jobs...

tahun 2004, Steve divonis kanker, dan kemudian tahun 2005 ia berpidato di
Stanford, tentang umurnya yang tidak lama lagi, tentang waktunya yang semakin
terbatas...

ketika orang mengetahui dirinya akan meninggal, saya kira orang tersebut akan
semakin produktif didalam dua kemungkinan

a. ia akan semakin produktif untuk berdoa, setiap waktunya akan ia habiskan
untuk berdoa sebelum ajal menjemput

b. Steve memberi inspirasi bahwa waktunya yg tinggal sebentar akan ia gunakan
untuk mengubah dunia

Ipod memang sudah diproduksi sebelum tahun 2004, namun kejayaan apple yg
memproduksi ipod, ipad, iphone, justru terjadi ketika steve telah tahu umurnya
tidak akan lama lagi...

Steve semakin menjadi inovator handal, ketika sudah mengetahui umurnya tidak
akan lama lagi...

DI titik ini, steve tahu bahwa kerja kerasnya  tidak akan bisa ia nikmati,
karena ia sudah tahu umurnya tidak akan lama lagi, tapi seperti apa yang
dikatakan oleh gurunya Kobun Otogawa, bahwa ia (steve) harus segera merubah
dunia...

1 minggu sebelum Steve mundur dari CEO apple, ia pingsan dalam meeting...

1 hari sebelum ipad diluncurkan, steve dalam keadaan sudah tidak bisa apa-apa,
tetap ingin mendatangi peluncuran ipad

dan akhirnya steve meninggal 1 hari setelah ipad terbaru diluncurkan

menurut anaknya, kata-kata steve terakhir sebelum meninggal dunia...

tentu saja bukan

'teee sateee' kalo gitu biasanya itu tukang sate madura kali

'La ilaha ilallah'  kalo ini biasanya orang islam (tapi kakak saya ketika
meninggal tidak bisa mengucapkannya, karena morfin membuat badannya
sangat-sangat lemah)

tapi kata2 steve mengucap 3 ulangan kata sebelum meninggal

'Oh Wow, oh Wow, oh Wow'

kematian begitu indah bagi Steven Paul Jobs

'Death is life's best invention'
(Steven Paul Jobs)