Russia ini kajian menarik buatku...

ada beberapa pertanyaan krusial...

Apakah yg dilakukan Michael Gorbachev dengan glasnost perestroika itu tepat?

Aku pernah jawab ya, Michael Gorbachev melakukan revolutionary mindset orang2
Soviet, setelah ditinggal Joseph Stalin, Russia hampir terdoktrinasi komunisme
yang amat dalam, sampai era Brezhnev tidak terjadi perubahan paradigma berarti
disana, sampai Gorbachev melakukan revolutionary mindset dengan glasnost
perestroika-nya.

Even Soviet pecah, tapi Russia dimodernisasi cara berpikirnya, sehingga saat
ini orang2 Russia jauh lebih modern, dan ketika harga energy naik, ekonomi
Russia sedang excellence tapi mereka mengatakan 'can oil will save us?' mereka
menjawab tidak, ekonomi Russia harus beralih ke hi-tech ekonomi,R&D dan
Inovasi,...dan mengurangi ketergantungan thd energy atau raw material...

ini masa depan ekonomi mereka, hasil revolutionary mindset ...

Uniknya, saat ini terjadi gejala penyatuan Soviet, tentu penyatuan eks Soviet
yg disebut Vladimir Putin sbg EurAsia bukan berdasar sumpah bersama seperti
aksi sumpah pemuda, namun dilandasi oleh perasaan 'saling membutuhkan' seperti
yang terjadi dengan uni eropa.

Jadi ketika saya difaith accomply  lebih baik mempertahankan persatuan tapi
mindset masyarakat masih tidak berubah atau mengubah mindset masyarakat tapi
pecah persatuan lebih baik mana?

saya menjawab lebih baik dan lebih susah melakukan revolutionary mindset
seperti yg dilakukan oleh Gorbachev, perkara bercerai, itu bisa kawin lagi...

*ws)

6-2-12