________________________________
 From: wawan <selarasmi...@yahoo.com>
To: proletar@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 13, 2012 8:59 PM
Subject: [proletar] Kantianisme dan perbedaan kesadaran...

Kantianisme secara umum menyatakan bahwa kesadaran manusia akan sangat
individual, sehingga menghasilkan interprestasi yang
berbeda-beda...=============Dalam filsafatnya Kant mencoba untuk mensinergikan
antara rasionalisme
dan empirisme. bertujuan untuk membuktikan bahwa sumber pengetahuan
itu didapatkan tidak hanya dari satu unsur saja melainkan dari dua unsur
yaitu pengalaman inderawi dan akal budi. Pengetahuan a-priori merupakan
jenis pengetahuan yang datang lebih dulu sebelum dialami

Banyak fisikawan juga terpengaruh oleh pendapat Immanuel Kant, sehingga
Uncertainty Principle-pun merupakan suatu kesepakatan interprestasi
kopenhagen.===========Kalau salah satunya saja yang dipakai misalnya hanya
empirisme saja atau
 rasionalisme saja maka pengetahuan yang diperoleh tidaklah sempurna
bahkan bisa berlawanan. Filsafat Kant menyebutkan bahwa pengetahuan
merupakan gabungan (sintesis) antara keduanya.dari sini timbullah
bahwa Kant adalah seorang Kopernikan dalam bidang filsafat. Sebelum
Kant, filsafat hampir selalu memandang bahwa orang (subyek) yang
mengamati obyek, tertuju pada obyek, penelitian obyek dan sebagainya.

Namun, Immanuel Kant saya kira masih menyisakan sedikit mistisisme tanpa
penjelasan mengapa setiap manusia mempunyai perbedaan kesadaran dan dengan
kesadaran tersebut akan menghasilkan interprestasi yang
berbeda-beda...=================Tentu saja masih ada ruangan tak bertuan kayak
kritik atas rasiopraktis apa yang harus gua perbuat?kelakuan manusia permanusia
kan ditentukan oleh kategori imperative,keharusan mutlak:lu lu kudu begini lu
kudu begitu inikan mengandaikan tiga postulat....:
Kebebasan,jiwa yang tak dapat mati2 & adanya tuhan

Secara umum, saya-pun setuju dengan statemen umum Immanuel Kant, bahwa
kesadaran manusia akan berbeda-beda, namun saya setuju tidak dengan cara
dogmatis atau menerima mentah thesis Immanuel Kant tanpa reason yang akan saya
ungkapkan...============ filsafat Kant tidak bakalan melewati batas
kemungkinan/liar dari pemikiran manusiawi,seperti metafisika nya kant menjadi
elmu yang tentang batas2dan keterbatasan tentang  adanya batas2 pemikiran.

Inilah reason saya thd statemen umum Immanuel Kant tentang perbedaan kesadaran
dan interprestasi manusia:
Kesadaran dan interprestasi manusia, akan berbeda-beda, akibat organisme
biologis manusia selalu berbeda-beda (termasuk dipengaruhi input makanan dan
minuman) plus dipengaruhi perbedaan pengalaman empiris manusia yang
berbeda-beda...========Rasio&emperisme oleh kant disintesakan  untuk membedakan
Verstand/akal,budi/rasio Vernunft&pengalaman inderawi ini yang bikin dia jadi
masyhurjelasnya, setiap partikel, tidak pernah menempati ruang dan waktu yang
sama...=========Saya tidak faham yang satu ini.

#Ws)

14-2-12