waktu di belanda, sambil minum kopi gua ngobrol sama si
bule project manager yg barangnya mau gua beli itu.
si londo ini emang seorang coffee addict.

ngelantur sana sini, lalu gua bilang:

"kalo you nanti ke bandung, ntar mampir ke toko yg jualan kopi di jl
banceuy. ini toko terkenal banget, bikin kopi dari biji kopi
yg udah disimpen ber tahun2, mesin gilingnya juga
sudah dipake sejak dari jaman belanda"

dia nanya "sorry, maksudnya 'jaman belanda' itu apa ya?"

lalu gua jelasin:
"istilah 'jaman belanda' bagi orang indonesia sudah sangat lumrah, untuk
menunjukkan masa2 kolonialisme belanda di indonesia"

lalu dengan muka serius si londo ngomong:
"ooh gitu ya, mmm... well, di sekolah kami memang tidak
pernah ada pelajaran ttg masa2 kolonialisme yg dilakukan
bangsa kami di indonesia. dan saya tau soal kolonialisme ini
justru lewat internet. harus saya akui, kelakuan nenek moyang
kami saat itu memang cukup memalukan. jadi wajar saja
kalau pemerintah kami tidak pernah memberikan pelajaran
sejarah semacam itu".

suatu pengakuan yg mengejutkan dari seorang belanda totok
seperti dia di depan seorang indonesia seperti gua.
sampe gua ngga sanggup komentar apa2 lagi dan langsung mengalihkan
pembicaraan ke soal industri bunga yg jadi andalan ekonomi
belanda, supaya tidak merusak suasana minum kopi di sebuah
cafe di delft itu.

ironisnya, di sini ada orang indonesia yg jadi parasit
di belanda tapi lagaknya udah lebih belanda dari orang belanda.