Menurut Karl Marx, agama adalah candu masyarakat, karena agama, masyarakat
menjadi tidak maju dan bersikap rasional.Agama yang dimaksud Marx adalah agama
Kristen.

Ateisme yang diajarkan Marx adalah ateisme modern.Agama yang mengajarkan Tuhan
yang serba bisa hanya menipu dan menyesatkan masyarakat.

Marx mengkritik Feuerbach yang hanya menyatakan bahwa Tuhan adalah khayalan,
namun tidak mencari sebabnya....

Bagi Marx sebab yang diberikan adalah manusia lari kepada Tuhan karena
penindasan yang mereka terima dari masyarakat kelas yang dikritiknya....

Menurutnya agama hanya menjadi penghalang manusia untuk menyangkal dan
memperbaiki hidupnya yang sedang ditindas, seandainya Tuhan dan agama tidak
ada, maka manusia bisa hidup bebas dan bermartabat.

Di sinilah Tuhan sekiranya dicoret karena tidak diperlukan......

Namun benarkah Manusia tidak perlu tuhan atau sesuatu yang dituhankan ?

FAKTUAL nya ... dari zaman atu sampai hari gini entah berapa banyak tuhan yang
telah diciptakan manusia ... berhala-berhala di sekitar kabah di zaman ibrahim
masing-masing mewakili tuhan-tuhan setiap suku. sekian banyak dewa dan dewi,
belum lagi tuhan - tuhan kelas mbah jambrong dan atau abah anom ...

Saya suka terpesona saat dulu mengamati nenek pacar sayah yang bersembahyang
sambil bungkuk-bungkuk di depan meja sembahyang dengan kedua tangan memegang
hio. Begitu khusyu nya ... nikmat banget kelihatannya ...

Secara naluriah ... manusia BUTUH tuhan.