belanda pernah jadi center of excellence dlm industri berat,
tapi sekarang mah lagi morat marit.

"Duluuuu kami punya industri kapal laut termaju di dunia, tapi sekarang mah
udah pada bubar pabrik kapalnya", kata si bule londo yg menyesali perbuatan
moyangnya di indonesia itu.

"Yap, saya tau itu, kapal2 VOC itu ngga mungkin bisa mengarungi ribuan mil
hingga sandar di batavia kalau tidak dibuat oleh para engineer yg hebat", kata
saya sambil ngunyah verkade.

mungkin banyak yg ngga tau bahwa kapal kargo terbesar dan tercanggih di dunia
saat ini adalah buatan mr chung alias hyundai.
saat kapal ini lewat terusan suez, kedua sisi kapalnya hanya berjarak beberapa
cm saja dari batas kiri kanan terusan tsb., saking guedee nya.

"Kami juga pernah punya pabrik pesawat terbang yang.... ", si londo lanjut.
"Yap, sayang sekali pabrik Fokker harus gulung tikar", saya potong pengumuman
dia.

beberapa flight KLM ke negara eropa lainnya, dgn brand CityHopper, masih
ada yg pake fokker, dan saya pernah ngalamin waktu trip ke italy via amsterdam.
adalah sebuah mukjizat buat saya saat fokker tsb mendarat di bologna dgn
selamat, setelah menyaksikan berita fokker yg jatoh di halim kemaren itu.

"Btw, semua mobil di sini kayaknya buatan luar belanda ya?", saya tanya dia
sambil nyeruput hot chocolate di sela2 dinginnya cuaca delft.
"Yeah, duluuu kami punya pabrik mobil namanya DAF, sekarang saya ngga tau
apakah mereka masih bikin mobil lagi atau tidak"
"DAF? Pasti singkatan dari Dutch Automobile's Fucked ya? ", kali ini saya
 tanya dia dalam hati saja, daripada dianggap joke yg tidak lucu oleh dia.

gitu wan, kondisi belanda kiwari, kalau belum tau.
eh jumlah utang belanda dan debt to gdp rationya udah pernah gua kasih tau kan?

dan klaim si jusplik bahwa di belanda kagak ada penganggur itu adalah
kibulan paling dahsyat tahun ini.
dia justru seorang penganggur profesional tapi tukang kibul amatir.