Selain mengambil menyadur kitab2 Yahudi, Muhammad juga memasukkan syair2
Arab ke dalam Quran ciptaannya. Syair ini kebanyakan berasal dari Zayd bin
Amr yang adalah seorang monotheisme. Dalam uraian ini, kami telah memilih
20 ayat2 dari puisi Zayd dan membandingkannya dengan ayat2 Quran. Anda akan
mendapatkan kesamaan isi ayat2 Quran itu dengan komposisi puisi Zayd.
Karena sifat penulisan Quran yang seringkali mengulang-ulang ayat serupa,
maka terdapat pula banyak ayat yang serupa dengan ayat2 puisi Zayd.

Ini adalah beberapa contoh ayat2 dari puisi Zayd yang diambil dari buku Ibn
Ishaq, Sirat Rasul Allah (halaman 100-101).

Zayd bin Amr. B. Nufayl menulis puisi ini tentang dirinya yang meninggalkan
masyarakatnya dan deraan yang diterimanya dari mereka:

Apakah aku harus menyembah satu tuhan atau seribu tuhan? Jika memang tuhan
itu sebanyak yang kau katakan, aku menyangkal baik al-Lat maupun al-‘Uzza
sebagaimana yang pasti dilakukan orang cerdas. Aku tidak akan menyembah
al-‘Uzza dan kedua putrinya, dan aku pun tidak sudi mengunjungi dua gambar
milik Banu ‘Amr. Aku tidak akan menyembah Hubal’ meskipun dulu ketika masih
bodoh aku menganggapnya sebagai tuhan kita. Aku merenungkan (akan hal yang
tidak jelas di malam hari, tapi jelas untuk dipikirkan di siang hari),
bahwa Tuhan membunuh banyak orang yang perbuatannya sangat jahat dan
menyisakan yang lain melalui belas kasihan orang sehingga anak kecil bisa
tumbuh dewasa. Manusia bisa jadi lemah untuk beberapa saat dan lalu kuat
kembali seperti ranting pohon hidup kembali setelah turun hujan. Aku
berbakti pada Tuhanku yang penuh kasih agar Tuhan yang pengampun bersedia
mengampuni dosaku. Jadi tetaplah takut akan Tuhanmu; karena selama kau
berbuat itu maka kau tidak akan binasa. Kau akan lihat orang suci hidup di
taman2 (surga), sedangkan para kafir dibakar di neraka. Mereka memalukan
saat hidup, dan ketika mati dada mereka akan mengejang kesakitan.

Ibn Hisham memberi catatan (ibn Ishaq, hal.713): Ayat2 ini sebenarnya
adalah puisi yang ditulis oleh Umayya b. Abu’l-Salt, kecuali ayat baris
satu, dua, lima dan yang terakhir. Inilah tulisan Zayd berikutnya;

Pada Tuhan aku serahkan pujian dan syukurku, Kata yang pasti yang tidak
akan pernah gagal sepanjang masa, Pada Raja Surgawi – tiada Tuhan selain
Dia Dan tiada illah yang sebanding denganNya. Waspadalah, wahai manusia,
apa yang terjadi setelah mati! Kau tidak dapat menyembunyikan apapun dari
Tuhan. Hati2lah mengilahkan yang lain selain Tuhan, Karena jalan ke atas
telah jelas. Dengan girang aku berdoa, orang lain percaya pada jin, Tapi
kau, Tuhanku, adalah Tuhan kami dan harapan kami. Aku puas akan Engkau, ya
Tuhan, Dan tidak akan menyembah illah lain selain Engkau. Kau dengan
kebaikan dan pengampunanMu telah mengirim seorang utusan pada Moses sebagai
nabi.. Kau katakan padanya, Pergilah kau dan Harun, Dan panggil penguasa
kejam Firaun untuk berpaling pada Tuhan Dan katakan padanya, ‘Apakah kau
menghamparkan bumi tanpa penopang, sampai bumi bisa diam teguh seperti
ini?’ Katakan padanya ‘Apakah kau meninggikan surga tanpa penopang? Betapa
hebatnya kau sebagai pencipta!’ Katakan padanya ‘Apakah kau meletakkan
bulan di sana sebagai cahaya terang ketika malam menutupinya?’ Katakan
padanya, ‘Siapa yang mengirim matahari di siang hari sehingga bumi yang
disentuh memancarkan kemegahannya?’ Katakan padanya, ‘Siapa yang menanam
biji2an di tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dan berminyak banyak? Dan
menumbuhkan biji2nya di pucuk tanaman?’

Terdapat tanda2 untuk dapat dimengerti. Kau dalam kebaikanmu telah mengirim
Yunus

Yang menghabiskan malam2 di dalam perut ikan. Meskipun aku seringkali
memuliakan namamu ‘Wahai Tuhan segala makhluk, berikan anugerah dan
pengampunanMu padaku dan berkati putra2 dan hartaku.