----- Original Message -----
From: "Mia Sabrina" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <islamkristen@yahoogroups.com>; <[EMAIL PROTECTED]>; "'Maria
Sandra Novianti'" <[EMAIL PROTECTED]>; "'stela_mr'"
<[EMAIL PROTECTED]>; "'Steph'" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "Alfa Omega" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>;
"Bardansyah (bsembir) Sembiring" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "Bintang Hutagalung"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Darlina Betti"
<[EMAIL PROTECTED]>; "Darmastuti" <[EMAIL PROTECTED]>; "Darwin
(DARWINB) Brahmana" <[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "Djony (JONISIE) Sie"
<[EMAIL PROTECTED]>; "Donald (donalsi) Siahaan"
<[EMAIL PROTECTED]>; "Dul Paijo" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "Elizabeth Sianturi" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "FGBMFI Communication Dept."
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "frengky
sihombing" <[EMAIL PROTECTED]>; "Goklan Tambunan"
<[EMAIL PROTECTED]>; "Gue Menggugat"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "Herdy Hutabarat"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Heri JS"
<[EMAIL PROTECTED]>; "Herry Hutagalung" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "hrusmin" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "J. Nuah Sembiring"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "Jo Hanes" <[EMAIL PROTECTED]>; "joyce
nadia" <[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Khairul Rahmat"
<[EMAIL PROTECTED]>; "LArosa" <[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "Liana Susana" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Margaretha Tobing"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>;
"Marihot Tambunan" <[EMAIL PROTECTED]>; "Marina Harianja Rina"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "nancy putry" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Pangaribuan"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>;
<proletar@yahoogroups.com>; "Raden Saraswati" <[EMAIL PROTECTED]>;
"Ramses W.Pangaribuan" <[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Ravmon
(rhpolin) Polinsar" <[EMAIL PROTECTED]>; "Riana Sibarani"
<[EMAIL PROTECTED]>; "Roni Bastian" <[EMAIL PROTECTED]>; "Rosa"
<[EMAIL PROTECTED]>; "ROSITA Silaban" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "Rudy Lumban Tobing" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Semmy Takaliuang"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Simorangkir Sclumberger"
<[EMAIL PROTECTED]>; "Sinar Marlina - Tripatra"
<[EMAIL PROTECTED]>; "siti saragih" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "sutomo asngadi"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Tefa"
<[EMAIL PROTECTED]>; <[EMAIL PROTECTED]>; "Tiurma"
<[EMAIL PROTECTED]>; "tohap hutapea" <[EMAIL PROTECTED]>;
<[EMAIL PROTECTED]>; "Victor Edward" <[EMAIL PROTECTED]>;
Sent: Tuesday, September 06, 2005 12:19 PM
Subject: [proletar] Re: [islamkristen] Re: mohon pencerahan

yang mia ga abis ngerti adalah mengapa konsep trinitas sangat bertentangan
dengan sila pertama pacasila yaitu: ketuhanan yang maha esa?

kento <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Dik Mia,
ikutan nimbrung....
Trinitas itu bukti toleransi ajaran umat Kristen, dikatakan demikian
karena ajaran ini berasal dari pertentangan dua pendapat yang diakal-akali
antara Arius  dan  Athanasius  berakar  pada  masa  lampau.
Seperti  diketahui  bahwa  para  Bapak  Gereja  dulu,  tidak
mempunyai  konsepsi yang jelas tentang Trinitas. Sebagian di
antara mereka membenarkan Logos sebagai "akal  nonmanusiawi"
(impersonal   reason),  yang  menjadi  manusiawi  pada  saat
penciptaan,  sementara  yang  lain  memandang  Dia   sebagai
manusia  yang  ko-eternal  dengan  Bapak yang memiliki sifat
esensi kekekalan, dan  sebagian  lagi  memandangnya  sebagai
suruhan (subordination) atau kedudukannya di bawah Bapak Roh
Kudus  tidak  mendapat  tempat  penting  dalam   pembicaraan
mereka.

Dewan   Nicaea   dibentuk   tahun   325   untuk   memecahkan
pertentangan pandangan ini. Persoalan atau  kontroversi  ini
diperjelas  agar  pembahasannya  lebih mudah. Pengikut Arius
menolak pandangan  tentang  penciptaan  eternal  (penciptaan
yang   bebas   dari  dimensi  waktu),  sementara  Athanasius
mempertahankannya.  Pengikut  Arius  mengatakan  bahwa  anak
diciptakan  dari  tidak ada, sementara Athanasius mengatakan
bahwa dia  diciptakan  dari  esensi  Bapak.  Pengikut  Arius
berpendapat  bahwa anak tidak sama substansinya dengan Bapak
sementara   Athanasius   berpendapat   bahwa   anak   adalah
homoousios dengan Bapak.

Keputusan yang dihasiIkan Dewan Nicaea  tidak  menyelesaikan
kontroversi  Trinitas,  bahkan  ternyata merupakan awal dari
kontroversi tersebut. Penyelesaian yang diberlakukan  Gereja
dengan   dukungan   kerajaan  tidaklah  memuaskan  dan  juga
diragukan  tidak  akan  bertahan  lama.  Hal  ini  berakibat
penentuan   keimanan   orang   Kristen   bergantung   kepada
pandangannya atau kekuasaan kerajaan dan  bahkan  bergantung
kepada   intrik-intrik   pengadilan.

Jadi, singkat kata.urusan menyembah tuhan saja mereka mereka tidak sepakat
dan perlu membentuk dewan untuk itu, bagaimana mungkin kristen dikatakan
agama damai, dan persoalan intrik dalam agama, mereka ahlinya !!
Dan bisa terbayang gak oleh anda, bagaimana bingungnya yesus dihadapkan
pada persoalan trinitas pada saat dia turun ke bumi untuk kedua kalinya,
karena dia tidak pernah mengajarkan trinitas.

List owner  :  [EMAIL PROTECTED]

http://us.click.yahoo.com/FXrMlA/dnQLAA/Zx0JAA/uTGrlB/TM