Lava adalah cairan larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi
melalui kawah gunung berapi atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku
menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam.
Bila cairan tersebut encer akan meleleh jauh dari sumbernya membentuk aliran
seperti sungai melalui lembah dan membeku menjadi batuan seperti lava ropi atau
lava blok (umumnya di Indonesia membentuk lava blok). Bila agak kental, akan
mengalir tidak jauh dari sumbernya membentuk kubah lava dan pada bagian
pinggirnya membeku membentuk blok-blok lava tetapi suhunya masih tinggi, bila
posisinya tidak stabil akan mengalir membentuk awan panas guguran dari lava.

Lava tem ... tanpa huruf "R" ...

Elo coba deh ngetik cepet pakai tablet ... salah pijit dikit mah kan wajar tem
, asal jangan salah pijit melulu :-)

Okeh ?