*Mengukur Prestasi Obama ~ suatu sudut pandang*

Halo teman2,

Menjelang pemilu Presiden AS, menurut jadwal 3 Oktober ini Presiden Obama
akan melakukan debat pertama di Colorado.

Walau kita di Indonesia, ada baiknya jika kita ikut mencermati keadaan di
Amerika. Sebagai negara adhi daya yang sangat memperhatikan eksistensi
Indonesia di Asia Tenggara, perpolitikan AS akan signifikan mempengaruhi
kesejahteraan kawasan kita di Asia. Sebagai negara pelopor demokrasi dan
HAM, saat ini saya cenderung lebih fokus untuk membahas prestasi Obama,
sehingga kita bisa menilai apakah Presiden Obama masih perlu di dukung dan
dipertahankan untuk masa jabatannya yang kedua.

Ø  *Siapakah  Obama?*
Obama adalah seorang  pria kulit hitam pertama yang menjadi Presiden
Amerika Serikat. Lebih dari itu, kita juga boleh ikut berbangga karena
Obama pernah beberapa tahun tinggal di Menteng, di ibu kota negara kita.

Dalam perbedaan ras yang dimilikinya, teoritis Obama tidak mungkin untuk
bisa terpilih menjadi Presiden AS. Kenyataan beliau sempat terpilih,
sebenarnya karena beliau memiliki suatu distinction (jati diri yang jelas).
Benar beliau adalah minoritas berkulit gelap, namun Obama mampu meyakinkan
para pendukung dan pemilihnya bahwa AS memerlukan kepemimpinannya sebagai
Presiden AS. Dalam 4 tahun masa jabatannya, kita sempat menyaksikan
keterpurukan ekonomi AS. Bahkan pak John Oei (KabariNews) sempat ke
Indonesia dalam mendukung program anugerah Green Card bagi para pembeli
saham-saham di Amerika. Sebenarnya apa sih prestasi Obama?

Ø  *Dalam kesempatan singkat ini, saya ingin menyampaikan 3 prestasi Obama:*
**

* *

1.       Obama tanggap dalam menghadapi krisis.

Ketika terjadi kebocoran pipa tambang minyak di teluk Mexico yang berada 1
mil di bawah laut, Presiden Obama menunda kunjungan ke Indonesia. Mengatasi
bencana itu, Obama segera menutup perairan teluk, memanggil  Chairman dan
CEO British Petroleum (BP) yang kemudian dilanjutkan oleh kongres. Berkat
energi kesigapannya,  BP berhasil dengan menggunakan robot ROV (mirip film
Titanic) dan berbagai perlengkapan berat dan canggih, sehingga dalam proses
penutupan  (proses 60 detik) itu bisa berhasil  tuntas tanggal 5 Juni 2010.
 BP segera menyampaikan permohonan maaf, menawarkan serta membayar ganti
rugi kepada pihak yang dirugikan dan yang mengajukan klaim, dengan anggaran
sebesar Rp 183Trilyun, membayar para staf & karyawan yang harus dirumahkan,
menyelamatkan serta merehabilitasi biota laut serta mengejar tumpahan
minyak yang sempat terbawa arus ke berbagai wilayah lautan di sekitarnya.

2.       *Obama adalah orang yang mampu menarik mundur pasukan AS dari
pendudukannya di Irak.*

Pada hari pertama pelantikan sebagai Presiden AS, GWBush menunjukkan hasrat
yang telah lama ditunggu-tunggu nya dengan mengirimkan 2 pesawat tempur
untuk menjatuhkan bom di Irak. Ex Presiden Bush II, sebenarnya menyimpan
dendam ayahnya Ex Presiden Bush I terhadap Saddam Hussein. GW Bush kemudian
menuduh Irak menyimpan senjata nuklir dan kimia, agar dizinkan PBB untuk 1
tahun melakukan inspeksi persenjataan. Walau inspeksi menunjukkan hasil
steril (bebas senjata nuklir dan kimia) yang sudah jelas, berbekal dari
hasil inspeksi persenjataan Irak, GW Bush melaksanakan hasratnya yang telah
lama dinantikan: Menyerang, menangkap dan membunuh Saddam Hussein. Menurut
teori strategi Sun Tze, invasi pasukan harus dilaksanakan sesingkat mungkin
dan harus menang mutlak. Sayangnya setelah cita-citanya terpenuhi, GW Bush
tidak bisa mundur & menarik pasukannya dari Irak. Setelah 7 tahun pasukan
AS menduduki Irak yang menimbulkan stress termasuk bagi personil dan
finansial AS, berkat kehadiran Presiden AS yang baru Barack Obama, pasukan
AS bisa pulang ke rumah mereka kembali.

*3.       ** Obama mampu mencegah ekonomi AS kebangkrutan dan  berhasil
membawanya memasuki masa rebounding (trend naik kembali).*

Mata uang UD$ telah lama dikenal sebagai mata uang mayor terkuat dunia.
Namun dalam 12 tahun ini terjadi sesuatu keanehan yang sepertinya tidak
masuk akal. Sebagai ukuran, saya akan mengambil standar mata uang EURO,
sebagai salah satu mitra dagang AS terbesar. Sebagai time frame, saya ambil
setiap awal Juli dengan jarak 4 tahunan sebagai ukuran periode.

Juli 2000, 1 EURO = US$ 0,95 (awal pemerintahan GW Bush periode 1)

Juli 2004, 1 EURO = US$ 1,22 (awal pemerintahan GW Bush periode 2)

Juli 2008, 1 EURO = US$ 1,59 (awal pemerintahan Obama periode 1)

Juli 2012, 1 EURO = US$ 1,23 (menjelang akhir pemerintahan Obama periode 1)

Sebelum GW Bush berkuasa, ekonomi Amerika dalam masa kejayaanya. Dalam 8
Tahun kekuasaannya, GW Bush menghabiskan sumber daya Amerika bagi membiayai
invasi & menduduki  di Irak. Sebuah sumber memperkirakan biaya perang itu
mencapai US$ 807.500.000.000 dan masih terus bertambah. Namun kerugian
bangsa AS sebenarnya  lebih dari biayanya bukan hanya biaya perang itu...
... ...

Krismon Amerika bukanlah karya Obama. Dengan sikap sebagai seorang yang
tidak gemar mencari alasan atau ‘kambing hitam’, Obama  berhasil mengerem
kemerosotan ekonomi, bahkan berhasil memulihkan kekuatannya.

.

Apa arti indikator EURO tsb?

Citra kedigjayaan Amerika sebagai Super Economy Power tahun 2000, diganti
dengan Economy Slowing Down antara 2000-2008. Dalam periode 2008-2012,
Obama berhasil membuat garis  inflation-resistance (menghentikan inflasi).
Tahun belakangan ini ekonomi Amerika sudah melewati titik balik dari
kondisi terburuk dan kini memiliki trend yang membaik.

Sebagai ilustrasi krismon (inflasi) yang melanda Amerika, kita misalkan
dengan harga beras:

Tahun 2000,  rakyat Amerika yang saat itu terkenal sangat kaya, dengan 1
dolar mampu memberli 1kg beras.

Namun tahun 2004, mereka mengalami penurunan income serta peningkatan
pengangguran dan inlfasi.  Sehingga dengan 1 dolar yang didapat dengan
lebih sulit, mereka hanya mampu membeli 0,8 kg beras.

Tahun 2008, dengan 1 dolar mereka hanya mampu membeli 0,6 kg beras.

Tahun 2012 ini terjadi pemulihan income dan dengan uang 1 dolar mereka
berhasil membeli 0,8kg beras seperti tahun 2004.

Merusak lebih mudah dibanding dengan membangun.

Obama menempatkan dan menunjukkan kepemimpinannya  sebagai energi yang
konstruktif.

Teman2,

Mari kita dukung Presiden Obama agar beliau bisa terpilih kembali. Tentu
akan baik sekali seandainya pak John Oei, ChritianPost serta teman2 yang
memiliki hubungan dengan warga/ tim sukses Obama, untuk meneruskan surat
ini kepada saudara-saudara kita di Amerika. Semoga Presiden Obama bisa
terpilih kembali dan mampu memulihkan kejayaan ekonomi Amerika yang akan
mendatangkan manfaat bagi kita semua. Amin.

Salam baik,
Pak Mul
*shared with everyone in the world ~inspiration for goodness*
*YohanesMulyadiLiu <https://sites.google.com/site/yohanesmulyadiliu/>*
* /site/yohanesmulyadiliu/** *

*To:*
*elshintagr...@yahoogroups.com**, **forum-pembaca-kom...@yahoogroups.com,**