Di Eropa Barat, yang namanya serikat buruh itu sudah tidak memainkan peranan
sebesar seperti di abad ke XX...

Masaalahnya adalah bahwa Eropa sudah jadi "sosialis": nggak ada orang miskin
lagi.

Kontradiksi tidak lagi antara proletar melawan borjuasi...

Bayangkan, di negeri Belanda (di Skandinavia juga saya yakin sama saja) boleh
dibilang tidak ada orang yang berpenghasilan dibawah 1200 euro tiap bulan,
kecualai gelandangan yang dapat 700 euro tiap bulan dan asuransi kesehatan yang
aduhai. Plus..uang pakansi tiap tahun..

Dan, ini yang penting pula: yang namanya pabrik itu (artinya juga buruh) adanya
sekarang ini terutama di RRT, India, Brazilia, Indonesia, Bengladesh...

Disanalah perjuangan kelas yang akan berlangsung.

Dan saya lihat perjuangan kelas itu sekarang mulai meletus di Indonesia.

Begitu banyak buruh mogok tanggal tiga yang lalu itu artinya bukan main-main...

Hebat ding.

Saya yang "dari jauh" mendukung tumbuhnya gerakan buruh di Indnesia  ditahun
delapan puluhan abad yang lalu sungguh merasa gembira.

Ada orang yang terlalu cepat meninggal dan yang saya harap tidak dilupakan oleh
buruh di Indonesia: Fauzi Abdullah yang berusaha sekuat tenanganya untuk
ditahun delapan puluhan itu menumbuhkan, dibawah naungan LBH Jakarta, gerakan
buruh di Indonesia...

Hasinya tidak banyak, tapi kondisi ketika itu tidak mengizinkannnya untuk lebih
berhasil.

Dan juga Poncke Princen.