Bukannya aku sombong, biarpun aku lulusan STM tidak ternama, aku pernah
membawahi buruh, pernah punya anak buah sarjana sampai dengan 15 orang,
pernah punya anak buah campur aduk gelarnya dari perguruan tinggi
terkenal......dan aku hanya lulusan STM.

Pintar tidaknya seseorang bukan semata pendidikan tinggi, putriku sastra
Jepang, sering di cemooh teman karena sastra Jepang, sekarang sudah naik
pangkat  ( padahal baru 3 bulan ), di pabrik sebelum kerja di kapal pesiar
juga masih ditunggu balik kerja lagi bila sudah bosen kerja di kapal.

Dan aku baru bisa memberitahukan bahwa pabrik bolu masih membutuhkan
penerus, entah yg bungsu saat ini sedang mengambil skripsinya dibidang
kimia, apakah setelah lulus langsung kerja ?, nein aku sarankan main main
jadi backpacker dulu, biarpun si bungsu perempuan.

Belum lama aku ajak yg kerja di pabrik ku ke dufan khusus yg perempuan, aku
bilang yg cowo pamali diajak ke dufan, sedang yg perempuan setelah menikah
tidak akan mudah main ke dufan.
Sedang yg cowo setelah menikah bisa dengan mudah kelayapan kemana mana.

Setiap manusia sudah mendapat jatahnya masing masing, selama menyadari
jatahnya silahkan kembangkan, dan pendidikan bukan semata jenjang utk
menjadi pengusaha, sudah terlalu banyak contoh utk jenis jenis pekerjaan
tertentu tidak membutuhkan pendidikan tinggi.

Adik ku membuat buku dimana memberikan seminar gratis khusus utk anak SLTA
( bila peminatnya sampai 100 an ).
Beberapa waktu lalu bertemu dengan Bob Sadino, minta tanda tangan utk
bukunya, setelah ditanda tangani memberi komentar bila ingin menjadi sales
bodoh, bacalah buku ini.........
Bob Sadino bukan manusia biasa, aku bisa bilang jenius yg tanpa perlu neko
neko, dan sudah banyak memberikan sumbangsih ke masyarakat tanpa perlu
mengatakan bahwa dia yg menjadi pionernya.