Saya hanya keburu posting strategi segmen target 3, hanya saja sangat
singkat dan pada dinihari 20 September 2012 hanya beberapa jam menjelang
pilkada. Setelah kurang istirahat karena masalah teknis, beberapa malam
lisrik padam, 2x ke dokter. Berkat minum CDR dan kopi, sejak 19 September
dinihari mampu bekerja tanpa tidur. Tidak lama setelah posting saya ketawa
karena sdri Baswati dkk  heboh di Indonesia-Rising, Proletar dll
mengenai  serangan
fajar yang mau dibilangin ke Panwaslu (hah hah,hah  .,  seger lagi dah
saya...)

Paginya saya dan pak Eduard merencanakan ke Jakarta untuk hadir pada
undangan terbuka pak Prabowo di DPP Gerindra. Selain untuk memberi selamat
kepada beliau dan pak Ahok, kami juga bermaksud menemui dan memberi selamat
kepada mbak Mega dan pak Jokowi.

Mengingat resiko mengemudi saat flu dan kurang tidur, saya putuskan bahwa
istirahat pada sore itu lebih utama dibanding acara ke Jakarta.

Setelah beberapa hari istirahat, saya kembali melaksanakan pekerjaan rutin
toko dan keluarga yang sempat tertunda.

Kamis 4 Oktober kami ke Bandung untuk refreshing dan mengikuti undangan pak
Sugiri untuk diskusi saat pre-launch buku ORANG-ORANG TIONGHOA & ISLAM DI
MAJAPAHIT karya Adrian Perkasa. Mahasiswa pasca sarjana Unair itu
mengungkapkan beberapa teori baru yang menarik. Jika ada kesempatan saya
akan share buat teman2...

 **** Jelang Jakarta Baru                  *(closing segmen 3)

* *

Halo teman2,

*Pertama-tama,*

saya ingin mengucapkan selamat kepada masyarakat Jakarta atas kemenangan
Jokowi & Ahok dalam pilkada final DKI 20 September yang baru lalu.

Hari Senin, *15 Oktoner 2012*, bapak Joko Widodo dan bapak Basuki Tjahaja
Purnama  akan dilantik sebagai Gubernur DKI dan Wakil Gubernur DKI untuk
masa bakti 2012 – 2017.

Tidak lupa saya sampaikan apresiasi kepada ibu Megawati Soekarnoputri,
ketua umum DPP PDIPerjuangan  , kepada bapak Prabowo Subiyanto, ketua umum
DPP Gerindra serta kepada segenap ‘Mission Impossible’ Success Team beserta
segenap relawan yang sudah bekerja keras dan sungguh-sungguh, sehingga
impian yang dulu mustahil kini sudah menjadi nyata.

*Kedua,*

saya mengingat  pesan bapak Sutan Siregar sebagai komentator
quick-count: “*Menang
jangan mabuk. Kalah jangan ngamuk.*”. Walau demikian saya berpendapat
sebaiknya setiap pelaksanaan misi harus dilaksanakan hingga hasilnya tuntas
dan dilimpahkan kepada institusi yang berwenang.

Benar bahwa target utama sudah tercapai. Namun dalam prakteknya kita
menyaksikan kejanggalan yang seharusnya tidak boleh terjadi di Indonesia.
Misalnya jumlah DPT yang jauh lebih banyak dari e-KTP. Selain itu, saya
menganggap jumlah peserta pilkada-2 (pasca eliminasi) lebih besar dibanding
pilkada-1 adalah tidak wajar. Seandainya timses Jokowi-Ahok mendapat bukti
bahwa terjadi pengerahan joki-suara dalam Pilkada-2, saya berpendapat
pelanggaran itu dan kasus DPT yang menggelembung itu dilaporkan kepada MK
dan pihak Kapolda.

Adapun laporan itu, sementara keadaannya baik, tidak perlu diteruskan
kepada tuntutan perkara pengadilan. Namun seandainya dalam paska serah
terima jabatan nanti ada tanggung jawab (alih saldo keuangan, asset-asset,
berkas informasi/ perjanjian serta hal-hal yang wajib dilimpahkan) dirasa
kurang sempurna, laporan pasif  yang sudah disampaikan itu bisa diaktifkan,
sebagai kunci untuk memaksa pejabat lama melakukan tanggung jawab
pengalihan sesuai kewajibannya.

.

*Ketiga,*

Dulu saya pernah membaca dan membahas prestasi pak Ahok sebagai bupati
 Belitung
Timur dengan kinerja yang bagus. Namun baru beberapa hari menjelang pilkada
saya tahu bahwa ternyata pak Ahok hanya sebentar menjabat bupati (tidak
menuntaskan masa jabatan) karena mengikuti pilkada gubernur di suatu
daerah. Saya kira walau banyak warga Solo merasa bangga karena walikotanya
terpilih menjadi Gubernur DKI, kota paling bergengsi di tanah air.  Namun
sebenarnya warga Solo sebenarnya dirugikan karena ditinggalkan walikota
yang dipercayainya untuk bekerja selama 5 tahun, ditengah-tengah masa bakti
tugasnya di Solo direkrut orang-orang  di Jakarta.

Walau secara etika, jabatan dijadikan sebagai batu loncatan karir merugikan
pihak yang sudah merekrut, karena tidak ada aturan yang melarang, metode
itu tidaklah melanggar hukum.

Indonesia menetapkan periode jabatan kepala daerah 5 tahunan. Pergantian
pejabat yang tiba-tiba/ di luar jadwal, seperti halnya masa jabatan yang
terlalu singkat, bisa merugikan efektifitas kinerja pemda setempat.

Lalu apa solusinya? Apa pejabat tidak boleh mengundurkan diri?

Memang kita harapkan pak Jokowi dan pak Ahok mampu bekerja sama secara
harmonis dan sinergis hingga tahun 2017. Namun seandainya salah seorang
terpaksa mengundurkan diri, ia harus menyampaikan keinginan dan permohonan
pengunduran diri kepada Mendagri setahun sebelumnya.

Setelah permohonan dikabulkan, selama waktu periode jabatan yang seharusnya
belum berakhir , ia tidak boleh memegang jabatan baru dalam pemerintahan RI.

Walau secara etika kita harapkan agar pasangan ini fokus pada kinerjanya
selama 5 tahun ke depan, ada baiknya Presiden dan DPR *membuat UU yang
mengatur kinerja dan masa jabatan pejabat Pemda* di Indonesia.

*Keempat,*

Sebenarnya untuk segmen target ke 3, saya bermaksud untuk posting
pengembangan konsep kampung susun dan kampung deret yang disampaikan pak
Jokowi menjadi konsep Kampung-Cluster-Sehat-Mandiri. Lahannya digunakan
dengan sistim  tukar-guling (misal 1 meter persegi milik penduduk, bisa
ditukar dengan 3 meter persegi *Kampung-Cluster-Sehat-Mandiri*). Setiap
cluster yang berbaris sejajar arah matahari timur-ke barat, akan
memungkinkan cahaya matahari secara maksimum diterima oleh rumah-rumah
setiap lantai. Pada lantai atap selain tempat tanki air akan dibuat ruang
terbuka, taman duduk/ bermain. Pada lantai atap-1, akan dibuat food-court.
Pada lantai atap-2 akan dibuat parkir motor dan jembatan motor antar
cluster. Pada lantai atap-3, akan dibuat pasar mandiri. Pada lantai atap –4
dan -5  akan dibuat sekolah, tempat ibadah, play station, tempat kursus/
ketrampilan. Pada lantai dasar untuk perkantoran. Pada lantai+1 untuk
puskesmas, klinik/ praktek dokter dan terapi. Pada lantai dasar+2
sampai  lantai
atap-5 bisa untuk rumah tinggal atau disewa secara harian.Sebagai
penghubung antar lantai saya merancang suatu elevator yang sangat hemat
energi. Kalo pak Jokowi mau, saya bisa menjual konsepnya.

Konsep kampung susun dan kampung deret pak Jokowi, saya dapat (selama
beberapa hari saat listrik nyala) dengan merekam you-tube saat debat dengan
pak Foke di JakTV. Sebelum memposting draft bagi segmen 3, saya merasa
surat itu terlalu  panjang untuk dicerna dalam waktu yang begitu singkat.
Sekitar jam 2 dinihari, saya ganti topik dengan pesan singkat yang mengutip
pesan akhir Jokowi& Ahok sebagai kesimpulan debat di JakTV itu.

*Kelima,*

Seperti yang saya sampaikan pada segmen 1, saya menghentikan dukungan
kepada pak Fauzy Bowo karena sejak awal kepemimpinannya beliau tidak mau
menggubris proposal solusi macet dan solusi banjir yang saya tawarkan.
Dalam waktu dekat, saya akan menanyakan kembali mengenai proposal *konsep
solusi kemacetan kota* yang saya sudah  sampaikan kepada Menhub EE
Mangindaan. Seandainya beliau setuju, konsep itu bisa diterapkan bukan
hanya di Jakarta, tapi di semua kota Indonesia yang saat ini sudah banyak
mengalami kemacetan (seperti juga Bogor dan Bandung yang juga mulai macet).

Mengenai konsep yang bisa membebaskan Jakarta dari banjir musiman, saya
akan mengulang kembali penawaran yang ‘tidak pernah sempat dibaca’ oleh
deputi Pemda DKI yang ditugaskan pak Fauzy Bowo itu.

Teman2,

Terpilihnya Jokowi-Ahok adalah awal dari Jakarta-Baru sebagai kota modern.

Bensin dan api tidak akan efektif bekerja sendiri-sendiri. Bukan hanya itu.
Bensin dan api membutuhkan mesin kendaraan untuk mengolah kalor oksidasi
sehingga yang menggerakan motor mekanik. Selain itu kendaraan memerlukan
penumpang untuk menerima pelayanan energi mekaniknya. Lebih dari itu
penumpang perlu mengkontribusikan dukungan serta ongkos sebagai ungkapan
terima kasih atas pelayanan yang diterima. Selanjutnya dukungan dan ongkos
juga memerlukan kontribusi yang bisa diwujudkan dengan supply bahan bakar
serta perawatan kendaraan.

Dalam masyarakat sosial, sebebarnya kita terjalin dalam suatu siklus materi
dan energi yang saling membutuhkan. Kita adalah bagian dari siklus sosial
tersebut.

Terima kasih atas pelayanan dan kebaikan pak Fauzy Bowo selama 5 tahun ini.
Maafkan seandainya ada sikap saya dan kawan2 yang kurang berkenan. Kepada
pak Jokowi dan pak Ahok, saya atas nama keluarga dan ikut mewakili teman2
milis, mengucapkan selamat bertugas, menyampaikan dukungan serta kesiapan
menjelang  kehadiran era JAKARTA – BARU !

Salam  Jakarta Baru,

Mulyadi Dharmadi

NB.

Oya,

Saya menerima beberapa respons dari T-Net, Persaudaraan
Kungfu-TaichiALAMSEMESTA, Indonesia-Rising, GELORA45, ParaPemikir,

DebatReligiousSpirituality, Reformasi_Birokrasi, Spiritual-Indonesia,
INTI-net, WartawanIndonesia, PROLETAR, KompasCommunity, RumahKitaBersama,
MediaCare, Salam-Indonesia, GIS/ Stephen Pierrce, ...

Saya menghargai setiap respons teman2, baik yang pro, kontra, yang lucu,
bahkan juga yang bikin ga-get-ce-lam-ce-lam (logat Dona). Saya menganggap
semua  response itu ada perhatian teman yang perlu saya terima sebagai
feedback yang tentu perlu saya perhatikan juga.

Terima kasih khususnya  buat response menarik dari sdr/i Baswati, Rheza
Ivan, Emmanuel Mehmet, Gabriella Rantau, Lasma Siregar, Budiman Sugih,
Audy, Wal Suparmo, Ati Gustiati, Lisman Manurung, suhu HandakaTania serta
saudara/i perguruan Alam Semesta, Della Rosa dkk, ...

~ ~ ~

arsip 20 Sept

*Jelang  Jakarta  Baru !*

Teman2,

*Mas Joko,* asal Solo, Muslim Melayu berpesan:

“ ..akan bekerja keras, selalu turun kebawah, selalu ada dan bersama rakyat”

*Ngko Ahok*, asal Belitung Timur, Kristen Tionghoa berpesan:

“ …pelajari rekam jejak, ketahui dan pilih yang paling jujur, yang paling
bersih, yang paling transparan mengelola anggaran, yang paling professional
mengelola layanan publik”

*Bensin*  dan  *Api *memang beda.

Namun, kolaborasi  dua  *Potensi *berbeda tersebut mampu menghasilan *Sinergi
*yang kehebatannya mungkin  belum sempat kita bayangkan.

Namun sebetulnya mas Joko dan ngko Ahok itu adalah sama saja.

Mereka berdua sama-sama memiliki *Satu Darah*, *Satu Bangsa*, *Satu Bahasa*:
*INDONESIA*.

Mari kita beri ruang dan kesempatan supaya kedua  kekuatan ini bersatu padu
dalam memepersembahkan waktu serta potensiya bagi ibu kota negara kita.

Kiranya Tuhan berkenan menyertai dan menggenapi visi beliau bedua dalam
mewujudkan Jakarta-Baru  dalam jabatannya sebagai Gubernur dan Wakil
Gubernur DKI.

Tuhan Rahmani dan Rahimi  memberkati Jakarta dan Indonesia kita.

 Amin.

Kita jelang Jakarta Baru.

Salam,

Mulyadi Dharmadi