Investasi seperti emas, saham, itu memang liquid.  Kalo kita perlu uang secara
cepat bisa langsung jual dan dapet uang.

Kalo properti, rumah yang dibeli nggak ditempati tapi rumah itu akan dijual
kembali maksimal dalam 1 tahun udah musti laku dengan hitungan nett keuntungan
minimal 20% tersebut.

Pokoknya, dalam 1 tahun rumah tersebut harus terjual, untung atau rugi.

Makanya, harus pinter2 cari rumah yang bener2 bagus lokasinya dan agak miring
harganya dan bisnis ini hanya sebagai sampingan karena agak sulit untuk
mendapatkan rumah yang cocok, in term of harga dan lokasi.

Misalkan rumah seperti yang di buah batu itu lokasinya kan bagus, lalu harganya
miring.  Setelah dibeli lalu di poles dikit, kasih pot2 dan tanaman dan harus
terjual dalam jangka waktu 1 tahun.  Itu aja dalam 6 bulan beli 460 jt bisa
laku 700 juta kan?!

Kenapa musti 1 tahun?

Misalkan lu jual rumah harga 500 jt dan gw sebagai pembeli.  Kan penjual dan
pembeli kena pajak 5% dan pajak ini bisa digantung oleh notaris maksimal selama
1 tahun.

Penjual tetep dikenakan pajak 5% bayar ke notaris dan gw belum bayar dikenakan
pajak karena sertifikat nggak dibalik nama.  Lalu rumah itu gw jual dan setelah
rumah itu laku (misalkan dibeli safin) maka sertifikat balik nama dan bayar
pajak pembeli yang 5% tersebut dibayar oleh safin.

Dari sini aja gw dah save 10% (pajak sbg pembeli 5% dan sebagai penjual 5%) ,
makanya agak mudah utk dapet untung 20% dan tidak ada pelanggaran hukum disini.

Jadi konsepnya seperti yang gw bilang 'hit and run' ini murni bisnis yang bisa
untung dan bisa rugi seperti jual beli mobil aja.  Beda dengan habe yang beli
rumah untuk investasi jangka panjang dengan membeli rumah dan disewakan segala
macem.

--- In proletar@yahoogroups.com, "pinpinyuliansyah" <pinpinyuliansyah@...>