Saat makan - makan sehabis ngasih sambutan di acara wisuda, pendiri dan pemilik
Mc Donald bertanya sama mahasiswa mahasiswa yang baru lulus :"kalian tahu nddak
bisnis sayah apah ?" mahasiswa yang lagi pada mamam ketawa, dikiranya Raymond
kroc lagi bercanda. Sampai seorang berkata "Siapa di dunia ini yang tidak
mengenal anda ? Anda sangat sukses di bisnis Burger !"

Raymond Kroc tersenyum. "Kalian salah besar. Bisnis saya bukan Burger. Bisnis
saya adalah property."

Yup ! Mc Donald punya property yang tersebar di sekian banyak perempatan di
berbagai negara. Burger itu cuman "judul" doang. genius !

Haji mamad yang saya kenal adalah orang Sunda, tapi berhasil buka counter bakso
di mana mana. Bisnisnya bukan bakso. Tapi property !

Maksutnya ? Sambil pakai kopiah hitam, baju koko putih dan katun celana hitam
serta (lagi lagi !) sandal jepit kulit haji mamad ngajarin saya ...

"Saya mulai dari satu kios bakso yang menempati ruko satu lantai yang saya
sewa. Saya jelas bikin bakso yang rasanya enak ! Akhirnya saya bisa beli ruko
itu dari hasil jualan bakso. Sertifikat ruko itu saya sekolahin ke bank
muamalat, duitnya bukan buat bikin bakso, tapi beli ruko lagi, bikin usaha
bakso lagi, 2 counter bakso "kerja keras" untuk nutup cicilan ke bank ...
akhirnya saya punya 2 ruko. Setelah itu saya cari ruko lagi, BUKAN USAHA BAKSO
! Nah .. di ruko ke 3, saya jualan bakso lagi ... itu ruko jelas kredit ... 3
Counter bakso bekerja nutup cicilan 1 ruko ... terus dapat 3 ruko. Masuk ruko
ke 4 dan selanjutnya, nddak terlalu capek ... 4 ruko menyicil 1 ruko, 7 rukok
menyicil satu ruko ... "

"Jadi Cep ... usaha bapakmah bukan jualan bakso ... tapi meseran Ruko ..."

Gitu katanya ... :-)