Lawan Jadi Kawan

Dalam sebuah kampanye, seorang senator mengatakan pada Abraham Lincoln,”Kalau
Anda maju, ingatlah bahwa Anda hanyalah anak seorang tukang sepatu”.

Mendengar pernyataan itu, Lincoln hanya tersenyum. Ia maju ke atas mimbar dan
memulai pidatonya yang singkat,” Terima kasih sudah mengingatkan saya pada ayah
saya yang sudah lama meninggal. Setahu saya, ayah sayalah yang membuat semua
sepatu Anda sekalian. Jadi jika Anda sekalian mungkin merasa tidak cocok dengan
sepatu yang Anda pakai sekarang, biarkan saya memperbaikinya”.

Mendengar perkataan Lincoln, seluruh hadirin bertepuk tangan meriah.

Bahkan para lawan politiknya tersenyum dan menaruh simpati pada Lincoln.

Setelah mundur dari mimbar, seorang wartawan bertanya pada Lincoln,”Kenapa Anda
membuat musuh Anda menjadi teman baik Anda?”

Lincoln menjawab, “Itulah cara saya melenyapkan semua musuh saya. Dengan
menjadikan mereka sebagai teman, saya tidak lagi mempunyai musuh”.

Dalam kehidupan kita sehari hari, kita mungkin tidak bisa lepas dari gesekan
dengan orang lain. Gesekan itu mungkin terjadi karena banyak faktor, misalnya
iri hati, persaingan, perbedaan pendapat dan prinsip hidup. Gesekan yang tidak
disikapi  dengan bijak akan berpeluang menjadi konflik. Ketika konflik
berkembang, maka hubungan dengan sesama akan retak. Yang semula kawan bisa
berubah menjadi lawan.

Lincoln menyikapi permusuhan dengan para lawan politiknya dengan bijaksana
yaitu dengan menjadikan lawan menjadi kawan.

Ia mampu mengubah hinaan dan cibiran menjadi humor yang menghangatkan suasana.

Dalam menanggapi berbagai kritik ataupun celaan yang menjatuhkan kita.

Sebaliknya hadapilah itu semua dengan kelapangan hati.

Kasihilah orang yang menyakiti kita dengan penuh ketulusan dan kerendahan hati.

“Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka”.

Charles Asiku
cha6...@gmail.com
cha6...@yahoo.com
pin: 21EF6D92