Jusfiq ini manusia yang super geer.
 Jusfiq mengira orang-orang sudah termakan oleh propagandanya, makanya mulai
jarang yang mengatakan Nabi Muhammad junjungan kami. Padahal orang-orang
itu, termasuk saya, sekedar bosan dan meyakini hidup ini jangan disia-siakan
untuk hal yang useless, apalagi cuma sekedar mengomentari posting Jusfiq.
Sampai mati saya tetap percaya kebenaran mushaf Al Quran dan kesahihan
hadits-hadits yang shahih seperti riwayat Bukhari dan Muslim. Hanya saja
saya tentunya punya banyak pekerjaan lain ketimbang ngomentari Jusfiq.
 Saya haqqul yakin, banyak orang Islam yang seperti saya, tetap sangat yakin
pada Quran dan hadits nabi, tapi ogah ngomentarin Jusfiq.
 Jusfiq ini juga suka keliru menulis, di bawah dia tulis "Allah bersabda",
padahal tidak pernah ada di buku-buku Islam yang kredibel, buku apapun, yang
menuliskan "Allah bersabda". Mestinya Jusfiq ini tahu yang biasa ditulis itu
adalah "Allah berfirman".
 Dia bertanya, masih berapa lama lagi orang tipikal Islam berani menulis
"Allah bersabda", mungkin yang dia maksud Allah berfirman, wah tentunya
masih akan lama, saya yakin setelah Jusfiq ini mati dan dikuburpun, masih
banyak sekali orang Islam tipikal yang menulis "Allah berfirman". Maaf
menyampaikan kabar yang mengecewakan Anda ini bung Jusfiq.
  Tapi sekali ini saya tanggapi Jusfiq, untuk tiga hal:
 1. pertama, kasihan dia sudah tua renta, di hari tuanya ini lebih eloklah
kalau dia tahu bahwa hidupnya tidak sia-sia, mengirimkan propaganda ke
mana-mana tapi kurang ditanggapi;
 2. kedua, Jusfiq ini ge er sekali, menganggap semua orang sudah termakan
propagandanya, sebagai sesama orang Minang, saya kasihan kalau dia sampai
salah sangka begitu.
3. saya jadi tertarik mau studi tentang si Jusfiq ini, ada apa dengan
Jusfiq, apa yang salah pada diri Jusfiq, bagaimana masa lalunya, dsb.
Menarik sekali. Misalnya tentang gelarnya sebagai Sutan Maradjo Lelo,
sebagai orang Minang gelar ini bagi saya aneh sekali, entah ninik mamak atau
tetua adat dari mana yang ngasihin gelar ini ke Jusfiq, atau Jusfiq
bikin-bikin sendiri gelar ini?

Tapi gimanapun Jusfiq ini fenomena yang sangat menarik. Geer, tidak tahu
adab dan etika, bikin malu orang Minang, lagi suka keliru. Jusfiq berjasa
meramaikan milis-milis sekuler atau pemikir di Indonesia.
 bw,
Dody

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/uTGrlB/TM