ANEH bin ajaib, sebagian umat Islam SEKARANG kagak mau ngucapin
Selamat Natal. Dulu mnrt ortu aku kawan2 Muslim tidak pernah ragu2
mengucapkannya. Mereka juga mengucapkan selamat Tahun Baru Cina, dsb. Dulu blon
ada rasa minder.

Mnrt hadist Nabi Junjungan pernah mengundang rombongan Kristen untuk melakukan
ibadah Hari Minggu di masjib beliau. Krn beliau tidak memusuhi umat Kristen
pada waktu itu dan toleransinya besar.

Al Qur'an bahkan menyatakan bhw 'Umat Nasrani adalah sahabat terdekat dari umat
Islam' (Al Maidah 5:82). Umat Islam mnrt Az Zukhruf 43:63 bahkan dianjurkan
untuk 'Taat kepada Yesus' ('wa atiyuni' = 'dan taatlah kepada aku!').

Mengenai tgl kelahiran Yesus yg 'salah' atau sama dg tanggal kelahiran tuhan
lain. Aku jadi ingat banyak orang yg kalau ditanya tgl. lahirnya bilang:'Hari
Selasa Kliwon sesudah gunung Merapi meletus!'. Apa salahnya kalau pada hari yg
dipikirnya itu tgl lahirnya kita para teman, tetangga mengucapkan 'selamat hari
jadi' kpd orang itu. Ini 'kan sekedar menunjukkan keakraban sebagai anggota2
masyarakat se RT dsb.

Kalau aku tidak salah baca Nabi Junjungan juga tidak diketahui dengan tepat
tgl. kelahiran beliau, en toch pada hari tertentu umat Islam merayakan hari
jadi beliau.

At the end of the day, kalau orang tidak mau menunjukkan keakraban sosial dan
menolak mengucapkan Selamat Hari Natal, umat Kristiani juga tidak berkeberatan.

Natal tahun lalu banyak teman Muslimah di Sydney ketika bertemu dengan aku,
tersenyum malu2 dan mengucapkan:"Selamat, ya?!" Tanpa ingin mempersukar keadaan
akan sambut dengan terima kasih atas ucapan selamatnya. Rupanya kata 'natal'
merupakan momok bagi banyak sodara2 kita yg beragama Islam.

Gabriella