On 15 Nov 2005, at 9:41, Dana Pamilih wrote:

> Bagi saya juga heran koq pak Jusfiq ini bisa2nya hanya menyebutkan
> Nasrani sbg satu2nya unsur yg dipersekusi Islam di Indonesia.  Sangat
> simplistis.

    Saya bilang: minoritas, artinya JUGA Nasrani...

> Yg terjadi di Indonesia ialah kehilangan kemerdekaan bagi semua rakyat
> kecuali elite penguasa di jaman Soeharto.

    Kehilangan kemerdekaan itu telah dimulai sejak zaman Soekarno
    yang adalah bekas kolaborator fascist Jepang dan diktator
    Indonesia yang pertama.

> [...]
> dan dimulai dengan gerakan yg mengedepankan akal dari dogma.  Gerakan
> ini juga sudah banyak dilakukan di negara2 Islam (mayoritas Islam),
> spt JIL di Indonesia.
>
> Kemajuan terbesar dari filsafah kemanusiaan di Eropah juga bukan dari
> agama Nasrani, melainkan dari gerakan yg menentang gereja.  Kalau
> Nasrani yg dirujuk oleh pak Jusfiq itu adalah gereja Katolik saya rasa
> tidak tepat karena justru lembaga gereja ini yg selalu menentang
> kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan masyarakat.  Tapi kalau
> 'Nasrani' ini merujuk kpd Barat sekuler, saya rasa lebih pas.

    Nasrani bukan hanya katolik, tapi juga protestan.

    Dan humanisme itu lahir dikalangan orang-orang Nasrani.

http://forums.apakabar.ws

> IKLAN:
> 99% iklan pasti TIDAK akan lolos - percuma dikirm
>
> Iklan bisa juga dimuat di apakabar.ws tapi harus yang disetujui moderator,
> bukan sebarang iklan -
 biaya iklan dibayarkan ke BSA

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/uTGrlB/TM