نIni menurut Departaemen Agama..

http://rumahislam.com/tafsir-depag-ri/158-qs-003-al-imran/1109-tafsir-depag-ri--qs-003-al-imran-054.html

Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka
itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.(QS. 3:54)

Sesudah Allah menerangkan tentang kaum Hawariyyin maka dalam ayat ini Allah
menerangkan sikap Bani Israel terhadap Isa as, mereka membuat tipu daya dan
bermaksud membinasakannya dengan jalan melaporkan dan memfitnah Isa as kepada
raja mereka. Tetapi Allah memperdayakan dan menggagalkan tipu daya mereka itu
dan mereka tidak herhasil membuisuhnya. Beliau diangkat ke langit oleh Allah
SWT dan diganti dengan orang yang serupa dengan beliau. sehingga orang-orang
yakin bahwa yang disalib itu adalah Isa. Tipu muslihat Allah mengatasi tipu
muslihat mereka, dan menimpakan kesengsaraan kepada orang-orang kafir itu,
tanpa mereka perkirakan. Rencana Tuhan yang tak diketahui oleh hambu-hamba Nya,
sebenarnya adalah untuk menegakkan sunah Nya dan menyempumakan hikmah Nya.