Disini bukan untuk adu perang ayat.  Ayat itu bukanlah bahan diskusi
karena untuk menjadi bahan diskusi harus memenuhi persyaratan bahwa
topik diskusi harus merupakan realitas yang ada.

Ayat itu bukan realitas melainkan kepercayaan terhadap dongeng2 yang
ditulis dalam buku2 kuno.

Bagaimana mungkin ayat2 atau kitab2 suci bisa dijadikan bahan
perdebatan kalo kitab suci itu dianggap dari Tuhan sedangkan Tuhannya
sendiri abstract atau khayalan yang bisa dibuktikan tidak benar
realitasnya.

Yang bisa kita perdebatkan adalah permasalahan yang realitasnya jelas
seperti adanya "terorist" yang menyebabkan jatuhnya banyak korban yang
tidak bersalah.  Kemudian dari terorist yang tertangkap ini, ditemukan
realitas bahwa mereka mengaku motivasinya ayat2 Alquran.  Atas dasar
realitas inilah kita perdebatkan masalah kepercayaannya bukan tafsiran
ayatnya benar atau salah, karena pada realitasnya engga pernah ada
ayat yang benar.  Misalnya, ada ayat AlQuran yang melarang umat
mencuri, tak bisa dianggap ini sebagai ayat yang benar karena tak
pernah ada ayat agama manapun yang membenarkan untuk mencuri, bahkan
hukum negara sekarang pun diseluruh dunia tidak dibenarkan untuk
mencuri.  Meskipun juga tidak bisa dianggap salah, tapi bukan berarti
benar.

Debat ayat tidak pernah ada habis2nya, karena setiap umat bisa membuat
tafsirannya sendiri.  Misalnya saja, ada umat Islam bilang bahwa agama
Islam dilarang membunuh, memang benar ayat itu ada, tapi engga lengkap
kalo hanya dikatakan Islam melarang membunuh, padahal kalo dibaca
selengkapnya tidak se-potong2, maka AlQuran melarang membunuh sesama
umat sedangkan memberi pahala kalo membunuh lawannya, membunuh musuh2
Islam, membunuh penyembah berhala, membunuh orang murtad dsb dimana
dizaman sekarang dipastikan semua bentuk pembunuhan itu dilarang
berdasarkan hak2 asasi manusia.  Artinya, tak perlu mempertahankan
kebiadaban apapun yang tertulis dalam AlQuran dengan cara2
mem-belokkan artinya atau maknanya yang diberikan se-potong2 sementara
para pelaku yang dimotivasi oleh ajaran2 biadab ini tidak pernah bisa
dibelokkan kekejiannya.

Demikianlah, ayat apapun dan bagaimanapun kebohongan atau ketidak
masuk akalannya, selama tidak menyebabkan jatuhnya korban, tak
perlulah menghabiskan waktu anda untuk membacanya, apalagi
memperdebatkannya, karena hal itu benar2 sia2 !!!!

Ny. Muslim binti Muskitawati.

--- In proletar@yahoogroups.com, PAREWA PAREWA <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]> menulis:    Filipi 1:16-17
>
>   (KJV)
> 16.The one preach Christ of contention, not sincerely, supposing to
add affliction to my bonds
> 17. But the other of love, knowing that I am set for the defense of
the gospel.

>   (TB LAI)
> 16. Mereka ini memberitakan Kristus karena kasih, sebab mereka tahu,
bahwa aku ada di sini untuk membela Injil,
> 17. tetapi yang lain karena kepentingan sendiri dan dengan maksud
yang tidak ikhlas, sangkanya dengan demikian mereka memperberat
bebanku dalam penjara

> (NIV)
> 16. The latter do so in love, knowing that I am put here for the
defense of the gospel
> 17. The former preach Christ out of selfish ambition, not sincerely,
supposing that they can stir up trouble for me while I am in chains

> Bingung nih..
>
>   kata "injil" itu kayaknya bersamaan dengan kata "kristus" di ayat
16..eh.. cuma kata "injil" aja yang di ayat 16..eh.. eh ada adanya di
ayat 17 deh..eh.. mestinya ayat 16 cuma ada kata "kristus" aja tanpa
ditemani kata "injil"..eh..kayaknya ini ayat 16.. eh..ayat 17..eh ayat
16.. koq kacau begini yah..

>   tolong dong... bingung banget nih...

>  [EMAIL PROTECTED]
>
>     Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of
Service.

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/uTGrlB/TM