tuhan tuh unlimited..
kalo memahami tuhan sebatas yang tertulis di buku2 agama
justru membatasi eksistensi tuhan

________________________________
 From: ttbnice <rpara...@live.com>

Sur, kekristenan itu bukan pelajaran sejarah. Gimana mau tau masa abg nya kalo
masa gedenya aja gak ada di sejarah?

Dimana si gondrong menghabiskan masa abg nya berdasarkan ajaran Kristen?
Mungkin itu pertanyaannya. Mari kita berpikir logis. Karena secara saintifik
jelas gak ada bukti2nya.

Kekristenan didasarkan pada injil dan surat2 paulus. Dan injil maupun surat
paulus adalah tulisan orang yang tidak mengenal Yesus secara langsung. Kalo abg
nya si Yesus belon populer, lalu apa yang bisa ditulis? Karena penulisan butuh
kesaksian.

Dalam menilai ajaran KResten, kita harus selalu ingat, disini ada 2 kaidah.
Satu Yesus sebagai Tuhan dan Yesus sebagai manusia. Masa abg maupun dewasa
haruslah konsisten. Ya kan? Sebagai Tuhan yg menjadi manusia yg memiliki misi
tentunya bermain normalnya abg is out of the question. Tapi sebagai manusia yg
bertumbuh, Yesus membutuhkan waktu untuk menjadi seorang preacher. Jadi masa
abg nya jelas adalah proses belajarnya Yesus untuk memahami misinya. Memahami
kelebihannya sebagai pembuat mujizat untuk kepentingan misi. Dan yang paling
utama siap menghadapi kematian demi misinya. Belajar agama jelas bukan hal yg
signifikan.

Omongan si Sur yg beranalisa ria bilang Yesus ke asia karena adanya kemiripan
ajaran menunjukkan si Sur gak ngerti ajaran Kresten. Wong Tuhan kok belajar ke
Asia. Lagian umur 12 tahun aja dia udah jagoan kotbah kok. Ingat kita harus
bersandar pada bukti2 yang dipercaya kebenarannya oleh KResten. Bukan bukti
saintifik.

Outputnya langsung keliatan. Yesus tidak terbuai ego manusianya dengan
memanfaatkan mukzizatnya sebagai alat mencari kekuasaan (Kalo kata pamannya
superman, great power come with great responsibility). Yesus tidak merasa
terkhianati dengan orang2 yg seharusnya ada di pihaknya, yaitu pemimpin agama
yahudi. Dan Yesus tidak terintimidasi dengan penguasa yg selalu siap
menghabisinya. Yang paling ultimate, meski dengan tekanan mental dari sisi
manusianya yg luar biasa, mampu menghadapi kematiannya yg menyakitkan. Dan
memaafkan.

Mental seperti itu kalo gak dilatih dan disiapkan mustahil dilakukan. Itulah yg
dilakukannya semasa abg.

Kalo ada yg nanya lha kok Tuhan kudu mempersiapkan mental, kok kudu takut, kok
ga bisa nahan sakit? Jawaban saya, semua agama gak ada yg mampu mendefinisikan
Tuhan. Bahkan pemikir bilang Tuhan tak terdefinisi. Lalu bagaimana bisa yakin
kalo Tuhan itu bisa nahan sakit? terus kok bisa tau Tuhan itu mentalnya baja?
Gak ada yg bisa jawab.

Yang pasti dalam alkitab dikatakan Tuhan sedih, marah, bahkan memusnahkan
manusia dengan air bah, dll. Kok bisa marah ya? apakah beliau marah karena
sakit hati? karena kecewa? Jika beliau merasakan itu lalu bagaimana jika si
Tuhan di beri tubuh manusia yg bisa merasakan sakit fisik? Apakah mentalnya
mampu mengatasinya?

Sekali lagi ini konteksnya dalam ajaran kresten. Cerdas dikit kalo mau debat..