*Ronggo Asmoro *<jakartab...@yahoogroups.com>**

Panjang amat mas...

Betul pak. Dalam posting *Dua Kebutuhan Dasar Agar Jakarta Bebas
Banjir*(17Jan13),
isinya saja mencapai sampai 4146 kata. Maklum terlalu banyak topik yang
ingin saya jejalkan dalam  satu judul itu serta beberapa response yang
sempat saya balas.  Dalam kesibukan mengurus rumah tangga dan hebohnya
anak-anak, bu Ansye belum pernah sempat selesai ngedit dan apalagi
membacakan ulang hasil editan. Padahal waktu postingnya sudah terlalu lama
tertunda. Namun karena feedback pak Ronggo, posting terakhir saya bagi
dalam 2 judul. Trims untuk perhatian serta feed back pak Ronggo. Salam kami
untuk keluarga di rumah...

* *

*JoHarifin*     trainersc...@yahoo.com

2 hal apa sih agar Jakarta bisa bebas banjir?

Apa ilustrasi tanki oli itu efektif utk tanggulangi banjir di kawasan
PGadung?

Walau mampu membebaskan Jakarta dari banjir tahunan, itu baru ada artinya
seandainya saya mendapat (1) *kepercayaan* pak Jokowi dan pak Ahok. Namun
seandainyapun memang saya dipercayai, itu juga baru bisa efektif seandainya
saya mendapat (2) *kesempatan* melaksanakan dalam kontrak proyek yang nyata.

Oya, karyawan saya mengatakan tanki oli bawah tanah yang tercampur cuma 2
drum (bukan 4). Jadi ke2 tanki itu kini dimanfaatkan sebagai tambahan wadah
akumulator energi (454 liter udara terkompres/ bertekanan) sebagai extra
cadangan energi untuk mendorong oli naik bagi 18 tanki lainnya yang tetap
aktif walau listrik padam.  Sementara belum membuat beberapa tanki tambahan
di lantai atas, untuk mengatasi kekurangan wadah untuk eceran oli, kami
memasangkan pompa engkol  langsung dari drum Pertamina/ Shell di halaman
parkir.  Sementara ini saya masih mengkaji untuk menggunakan pipa O 14” x
2,2meter atau O 37cmx 200cm dari bahan PVC tebal (murah, ringan dan anti
karat). Namun pengalaman menunjukkan oli kemasan can plastik tipis (<2mm),
dinding luarnya seringkali kotor karena rembesan oli yang terkena debu.  Karena
belum pengalaman penggunaan PVC bagi oli untuk jangka panjang, jika ada
waktu luang saya akan mengisi oli beberapa merk pipa PVC O 1/2” x 4meter
(lebih kecil, tipis dan tinggi ) untuk diuji selama 3 bulan atau lebih,
untuk memperkirakan resiko oli merembes belasan tahun ke depan. Jika
rembesannya parah, mungkin saya harus menggunakan pipa besi, yang bagian
luarnya tergalvanis lapisan seng atau dicat meni (lebih mahal, kokoh, tidak
rembas).

Seperti lumpur panas yang terkompres di bawah proyek Lapindo di Sidoarjo,
tanki bertenaga udara bertekanan mampu mengangkat elevasi air dalam tanki
hingga bisa mencapai beberapa puluh/ ratus meter (setiap penambahan 1
atmosfir kompresi= menaikan 13,6 meter air). Saat pembuatan tanki pertama
(prototype), pak Ceknung (tukang las yang dulu bantu saya) selalu
menggerutu menyatakan kendala-kendala untuk meyakinkan bahwa tanpa pompa
sentrifugal (=pompa air) bertenaga listrik, oli dalam tanki tidak akan
mungkin bisa naik. Setelah tanki pertama selesai, saya melakukan percobaan
pada tanki yang diisi 5 ember air dan udara bertekanan sekitar 2,5 atmosfir.
Saat ball-valve out-let saya buka, air langsung menyembur sekitar 20 meter
(melebihi tinggi toko kami), sehingga sempat menghujani ojek-ojek yang
sopirnya ikutan nonton. Setelah menyaksikan dahsyatnya semburan air artesis
itu, sambil ikut-ikut ketawa pak Ceknung kembali bilang beberapa kendala
mengapa air itu bisa naik dan menyembur demikian tingginya.
(A-d-a-d-a-j-y... )

Tanki bertenaga udara terkompres itu mampu mengangkat elevasi air hingga
puluhan bahkan ratusan meter serta juga bisa menggantikan karburator
ataupun pompa bensin bagi mobil/ kendaraan. Namun untuk mengatasi banjir di
kawasan Pulo Gadung, saya kira ada metode sederhana yang lebih murah.

Trims buat perhatian pak Jo.

*Affandi Tirtaraharja* sparklingindone...@googlegroups.com

Kalo aku baca email-email anda, aku punya kesan anda adalah Don Kisot,
pahlawan kesiangan. Tidak semua ide anda pantas untuk diterapkan. Apalagi
anda belum tentu termasuk orang yang memilih Jokowi-Ahok pada pilkada yang
lalu. Apalagi anda menyebut-nyebut masalah penawaran. Sepertinya anda
mengharapkan uang proyek untuk penawaran yang kita tidak jelas apa yang
ditawarkan. Atau anda cari popularitas untuk keuntungan anda sendiri.
Hehehe...

Ahh, pak Affandi bisa aja... Tapi bukan hanya bapak koq. Ketika di FT Unpar
sebelum memasuki perawatan RSJ, saya kadang berpikir apa jangan-jangan saya
itu seperti Don Kisot, penghayal yang menghidupkan hayalan dalam kehidupan
nyata. Namun belakangan saya sadari bahwa Don Kisot dan saya adalah sangat
berbeda. Don Kisot adalah tokoh fiktif yang dengan tombak dan baju besi
kemana-mana naik kuda, menghidupkan hayalan dalam dunianya sehingga tampak
aneh. Bagaikan mimpi di atas mimpi, seandainyapun Don Quichotte mampu
mewujudkan hayalan, itu hanya akan terjadi masih dalam dunia fiktif
karangan Miguel de Cervantes. Mulyadi Dharmadi adalah pribadi nyata yang
juga berusaha mewujudkan hayalan sambil mengelola toko onderdil sambil
menjalani hidup bersahaja (yang sejak 25Desember2007 bersama keluarga).
Jadi untuk menjadikan hayalan pak Mul terwujud dalam dunia nyata, cuma
tinggal satu langkah lagi, khan? Walau tidak semua ide pantas diterapkan,
sesuai uji teknis dan jika konsepnya memang baik, efektif dan efisien,
tentunya akan bermanfaat sekali jika kita terapkan. Mengenai penawaran,
baiklah kita percayakan kepada kajian yang dilakukan pak Jokowi atau pak
Ahok, sesuai kapasitas beliau berdua.

Saya tentu tidak memilih Jokowi-Ahok dalam Pilkada DKI, karena pemegang KTP
kabupaten Bogor berhak untuk mengikuti Pilkada Jabar. Walau demikian, dalam
mendukung Jokowi-Ahok saya bersama teman-teman berhasil mencegah Foke
menggunakan joki bagi 1,3 juta (23%) pemilih (fiktif). Dengan mengabaikan
protes 5 kontestan non-incumbant, 2Juni2012 dengan dukungan Foke, KPU
menetap DPT=6.983.692, padahal pemilik e-KTP DKI legitimasi Mendagri
1Mei2012 hanya 5.660.660 orang). Ibarat 100km racing, sebelum bendera lomba
dikibarkan, kendaraan Foke sudah berada pada jarak 23 km di depan garis
start, sehingga jarak tempuhnya hanya tinggal 77km sebelum finish.
Seandainya 1,3 juta ‘suara siluman’ itu jadi digunakan untuk menambah suara
Foke, pasangan Kontestan Incubant akan ‘mer-aih’ 2,8 juta (=56%) suara pada
Pilkada-1, sedang 44% suara sisanya akan dibagi untuk 5 pasang Kontestan
Baru. Terbongkarnya rencana strategi curang, kewaspadaan warga DKI serta
ancaman kemenangan yang bisa digugurkan pak Mahfud/ MK), Foke tidak berani
menggunakan joki suara. Hambatan penerapan strategi ‘andalan’ itu
menyebabkan Foke gagal menguasai putaran pertama, sehingga pada putaran
kedua tanpa hambatan ‘siluman’, tim Mission Impossible bebas melesat dan
merebut DKI-1 dan DKI-2.

Tahun 2005 kepada teman2 LP-62/AsiaWorksTrainings dan kepada
BlueMountains2010peegroups, saya mendeklarasikan akan berkontribusi bagi
masyarakat lewat milis minimal sebulan sekali. Setelah 8 tahun
mengkontribusi posting, saya dikenal ribuan teman milis, mungkin
adalah  konsekwensi
yang lazim saja. Namun berkat feed-back teman-teman, saya menyadari adanya
keraguan ataupun praduga niat tidak jujur. Bahkan juga berkat feed back pak
Affandi, saya merevisi seandainya kontrak disepakati namun setelah diukur
ternyata efektifitas produk dibawah standar, saya akan mengembalikan uang
yang sudah diterima sehingga hanya tinggal 5% dari nilai kontrak (termasuk
pajak dan akomodasi yang menjadi kewajiban saya).

Anyway, thank you for your honest feed back, pak Affandi...

*Ir. Kristanto Veiko* 12Feb13 milisindonesi...@yahoogroups.com,
salamindone...@yahoogroups.com

Semoga jalan selalu terbuka bagi kita semua. Amin.

Trims untuk dukungan pak Kris...

*Ir. Ardhiyanto Budirachman* 12Feb2013 SMA FonsVitae
fv-alu...@yahoogroups.com

Mantap, Mul. Gua ada rencana mau ketemu nih...

Trims, Ardhiyanto. Nti klo ada kabar dari pak Ahok ato pak Jokowi, ay
kontek yu deh...

* *

*Ronggo Asmoro                *15Maret2013     jakartab...@yahoogroups.com

Semoga saya keliru....., Tapi setelah baca email ini kok pikiran saya
teringat beberapa investasi bodong, bahkan inget dulu ada yg bilang bisa
menghentikan semburan lumpur lapindo dalam hitungan minggu......
TGTBT (To Good To Be True). Atau karena pengetahuan saya terlalu dangkal
ya...?? Mohon pencerahan.... Matur nuwun

Wah baru mau posting balasan feedback, ada tambahan yang baru lagi.  Tapi
klo nanti feed back soal solusi banjir, saya balas sekalian sesudah ada
kabar baru dari PemdaDKI  ya...

Beberapa tahun yang lalu, saat tertidur saya bermimpi berjalan bersama
seseorang (lupa) di pesawahan kering/ kebun singkong yang biasa kami lewati
bersama ayah di dekat setu (danau) Gunung Putri.  Pada sawah/ ladang yang
kering disitu ada lubang bekas sumur bor. Kemudian saya masukkan pipa PVC
4” , saya pasangkan tutup dop dan sambungkan dengan  keran ½”, sehingga
saya bisa mencuci tangan disitu. Keesokannya, saat terbangun, saya melihat
saham BUMI milik pak Bakri yang saya miliki turun secara tajam. Kemudian
(atau beberapa hari kemudian) saya telpon sdri. Risda (Kim Eng Securities),
yang memberitahukan tidak terkendalinya semburan lumpur PT Lapindo (anak
perusahaan BUMI Resources). Sejak saat itu, walau belum pernah menyaksikan
gambar/ tayanagan mengenai dahsyatnya semburan di  Porong, saya selalu
membayangkan bahwa menyumbat semburan itu semudah memasangkan selongsong
pipa 4” dan keran ½”.  Saya beberapa kali mencari relasi untuk kesempatan
boleh ikutan mengatasinya, namun tidak berhasil. Padahal justru beberapa
tahun setelah kejadian, ketika Metro TV menayangkan hebat serta luasnya
semburan itu saya baru bisa mendapat gambaran yang jelas mengenai
dahsyatnya tragedi itu. Namun kagetnya cuma beberapa jam saja, karena
kemudian saya sudah mengetahui solusinya, sebagai pengganti metode
mencelupkan pipa PVC 4”.

Kebanyakan dokter tidak bisa mengobati pasien, bukan karena tidak tahu obat
penyakit pasien, tetapi justru karena tidak mampu mendiagnosa masalah/
penyakit pasiennya. Diagnosa secara tepat dan akurat bisa dianggap 85% inti
pekerjaan dokter internis.Sedangkan untuk menentukan obat, resep,
menyuntik, anggaplah 15% nya... (ya, klo salah bisa dimaklumlah karena saya
bukan dokter... :~).  Saya sangat memahami kasus teknis Lapindo sebagai
semburan air panas sumber artesis (=Geyser) yang bercampur lumpur. Menjawab
pertanyaan, saya pernah menjamin Gunawan (teman sekelas di SMA FV), bahwa
saya bisa menjelaskan dalam 60 detik sehingga ia (dan teman2 lulusan SMA
IPA) akan mengerti teknik penyumbatannya.

Berbeda dengan pemahaman metode yang demikian sederhana (60 detik
pemahaman), untuk menyumbat semburan itu memerlukan persiapan sekitar 3
bulan atau lebih. Namun untuk pelaksanaan penyumbatan hingga ‘keran
ditutup’ (semburan terkendali), saya perlu waktu beberapa minggu.

Jika tahu caranya, menyumbat semburan Lapindo itu TETBT (Too Easy To Be
True). Yang terpenting adalah dimulai oleh niat yang sungguh-sungguh. Dalam
LeadershipPrograms/AsiaWorksTrainings, kami dilatih untuk memiliki
mind-set: 100% INTENTION creates 100% RESULT (because MECHANISM will
follow). Namun jika tidak berniat, seseorang tidak akan bisa melakukan
bukan karena tidak mampu, tetapi karena memang sebenarnya ia memang tidak
mau melakukannya.

Trims teman2 u feedback mengenai proposal solusi banjir. Untuk feedback
yang baru/ belum terjawab/ belum tuntas, akan saya tampung dulu. Mudah2an
setelah ada jawaban pak Ahok/ pak Jokowi, saya sempat membalasnya.

Salam KONSTRUKTIF,

Mulyadi Dharmadi

Anggota DEMOKRAT

*shared with everyone in the world ~ inspiration for goodness*
*YohanesMulyadiLiu <https://sites.google.com/site/yohanesmulyadiliu/>*

https://sites.google.com/site/yohanesmulyadiliu/arsip-dokumen

*To:*

*elshintagr...@yahoogroups.com <to:%0delshintagr...@yahoogroups.com>**, **