Dalam kunjungan John Kerry ke Ramalah bertemu dengan Abbas untuk bertukar
pikiran:
Abbas:  Israel belum juga mau menghentikan pembangunan pemukimannya sehingga
saya enggak mungkin bisa berunding dengan Israel.
Kerry:  Wilayah itu resmi milik Israel karena mereka merebutnya dalam perang
1967 dari Egypt.  Jadi itu hak mereka asal jangan membangun tempat pelatihan
terorist.  Saya (Amerika) sudah membantu Palestina untuk mendapatkan tanah
untuk mendirikan negara Palestina, dan saya sudah menymbangkan milyardan dollar
untuk membangun sekolah, kantor dan lain2nya, tapi uang itu anda bangun tempat
latihan bomb bunuh diri dan tidak ada satupun sekolah yang anda bangun.
Kemudian anda membatalkan perjanjian camp David, sehingga otomatis tanah yang
rencananya diberikan kepada anda juga otomatis batal bukan lagi tanah Palestina
tapi kembali milik Israel.
Abbas:  tapi biar gimanapun saya enggak bakalan mau berunding kalo pembangunan
pemukiman Yahudi tidak dihentikan.
Kerry:  Israel juga sudah bilang ke saya, bahwa mereka tidak bakalan
menghentikan pembangunan pemukiman diwilayah tapal batas 1967 yang syah milik
mereka, apalagi belum ada yang mengakui Palestina.
Abbas:  kalo Israel keras kepala ngotot mau bener sendiri, saya juga enggak
takut, saya menolak berunding.
Kerry:  jadi anda mau memilih cara apa ???  mau perang atau berunding ???
Karena dana kehidupan pemerintah dan rakyat anda semuanya dari Amerika, jadi
kalo anda mau perang, saya enggak bisa bantu dana, karena Amerika cuma
perantara perdamaian bukan perantara perang.
Abbas:  tentu saya memilih berunding karena mau perang pake apa ???
Kerry:  jadi kalo memang mau berunding, jangan pake syarat2an karena Israel
juga punya syarat, yaitu seluruh tapal batas 1967 tidak akan menjadi wilayah
Palestina karena wilayah itu strategis dan sensitif bagi pertahanan negaranya.
Tapi kalo anda serius mau berunding, maka wilayah tapal batas 1967 bisa ditukar
dengan wilayah lain yaitu "swap".  Jadi tapal batas 1967 adalah benteng
pertahanan Israel, tidak mungkin anda minta benteng negara lain untuk anda,
karena sama artinya anda mau menjajah negara tsb.  Jadi usul swap ini datangnya
dari pangeran Qatar, dan belum mendapatkan persetujuan dari israel, namun kalo
memang anda mau berunding menerima swap ini saya akan membujuk Israel untuk
menerimanya.
Abbas:  Oke, saya terima usul swap dari pangeran Qatar itu, dan saya siap
berunding.
Kerry:  Masalahnya masih banyak tapi harus anda cari pemecahannya berunding
dengan Israel, karena anda tidak merupakan mewakili Palestina terbukti lebih
dari 90% rakyat anda pendukung Hamas sama sekali tidak mendukung anda.  Karena
itu kalopun berhasil berdiri, Palestina tidak boleh punya tentara karena hal
itu mengancam keamanan Israel.  Ini sudah keputusan saya dan Israel.  Jadi
pilihan anda tidak banyak cuma satu dari dua pilihan, mau Palestina berdiri,
atau lupakanlah mimpi itu.
Abbas:  baiklah, saya setuju semuanya usul pangeran Qatar, lanjutannya nanti
saya berembuk dulu dengan Netanyahu.  Daripada enggak dapat pisang, gedebong
pisang juga enak rasanya kalo lagi kelaparan begini.  Terima kasih mas Kerry...
semoga Palestina segera berdiri sehingga saya bisa memperluas istana saya dan
bisa mengundang anda makan mie bakso ....walaikum salam !!!!
Kerry: goood... thank you...!!!