Menguatnya dollar AS diawali oleh gebrakan George Soros lewat 3 brokernya di
Singapura dan Hong Kong dengan masing-masing memasang posisi 'short' untuk
AUDUSD sebesar 1 billion dollar. Seorang pengamat ekonomi Australia mengatakan
bahwa kalau dananya cuma 1 billion dollar saja tidak cukup untuk menggoyang
dollar Aussie.

Rupanya Soros mampu membaca langkah yang akan dilakukan oleh bank Sentral
Australia (RBA) karena berikutnya dilakukan pemotongan suku bunga sebanyak
0,25% hingga level AUDUSD rontok dari 1.032 menjadi 1.0155 dengan Soros mampu
mengantongi keuntungan sekitar 60 juta dollar AS hanya dalam hitungan puluhan
jam saja.

Dollar Aussie saat itu cukup bandel dan mampu melejit kembali dalam dua hari
menuju level AUDUSD sekitar 1.025. Saat mana terbetik berita bahwa Stanley
Druckenmiller menganjurkan agar orang untuk bertaruh melawan dollar Aussie. "We
think the Australian dollar will come down and will come down hard," kata
Druckenmiller pada the Sohn Investment Conference di New York. "It's expensive."

Stanley Druckenmiller adalah orang yang memegang peranan penting saat George
Soros dulu menaklukan bank Sentral Inggris (BoE) pada tahun 1992 dengan
memberikan keuntungan bagi Soros sebanyak 1 billion dollar AS. Rasanya tak ada
prestasi lebih besar di dunia ini sebagai individu selain kebanggaan telah
mampu menaklukan sebuah bank Sentral dari sebuah negara adi-daya. Ibaratnya
orang-orang tersebut telah menginjak sang Union Jack di bawah kaki mereka.
Kalau cuma sekedar untuk menaklukan bank Sentral Selandia Baru, kumpulan para
"urang rumah" Jepang sudah pernah melakukannya pada tahun 2007.

Pernyataan Stanley Druckenmiller ini merupakan suatu kode bagi para pemain
besar untuk bertindak. Akibatnya level AUDUSD rontok sekitar 200 'pips' dalam
hitungan jam saja hingga mendekati level 'parity' dengan dollar AS. Ini
dilakukan saat setelah sesi pasar London sudah tutup hingga yang meraup
keuntungan adalah para 'big boys' di New York. Keesokan harinya para pemain
dari Eropa tidak mau kalah untuk melakukannya hingga level AUDUSD semakin
melorot sampai sempat berada pada kevel dibawah 'parity'. Setelah itu level
AUDUSD dalam dua minggu berikutnya terjun bebas hingga mencapai nilai yang
lebih rendah dibandingkan tahun lalu, yaitu level 0.9593 yang terjadi pada
tanggal 23 Mei 2013.

Para pemain forex kawakan tahu akan namanya korelasi di mana dollar Aussie,
dollar Selandia Baru (kiwis) dan dollar Kanada (loonies) punya kaitan yang
sangat erat satu sama lainnya. Jadi rontoknya level AUDUSD selalu diikuti juga
oleh rontoknya level NZDUSD dan melambungnya level USDCAD. Ketiga serangkai ini
juga punya korelasi dengan Sterling Inggris, Euro dan Swiss franc hingga
mengakibatkan rontoknya level EURUSD dan GBPUSD yang diiringi dengan
melambungnya level EURCHF.

Inilah indahnya permainan forex bagi yang punya modal panjang karena jadinya
kita mampu memasang posisi dalam demikian banyak pasangan mata uang untuk
menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Istilah teman seangkatan saya yang
arek Suroboyo adalah 'sembari duduk manis, duit datang sendiri.'

Jika dilakukan 'back trading' dengan menggunakan indikator Ichimoku Kinko Hyo
dalam 'time frame' harian pada pasangan AUDUSD, terlihat bahwa garis Tenkan Sen
dan Kijun Sen sudah bersinggungan diatas "kumo" selama beberapa hari sejak
tanggal 17 April 2013 dan garis Tenkan Sen sudah mulai berada dibawah garis
Kijun Sen sejak tanggal 24 April 2013.  Jadi dalam hal ini Soros bertindak satu
minggu sesudahnya hingga keadaan sudah lebih matang saat mana garis Tenkan Sen
sudah berada cukup jauh dibawah garis Kijun Sen.

Apakah yang terjadi selanjutnya? Tak seorangpun yang mampu memprediksi pasar.
Beberapa posisi 'long' saya pada pasangan AUDUSD dalam beberapa hari ini sudah
memberikan bunga yang nilainya ratusan dollar, tapi modal saya juga terbatas
untuk bisa mempertahankan posisi-posisi 'long' tersebut karena 'drawdown'
semakin membesar dengan turunnya level AUDUSD.

Dari semua pasangan mata uang yang terkena imbas akibat menguatnya dollar AS
hanya Euro yang mampu bertahan. Dengan membaiknya statistik ekonomi Jerman
akhir-akhir ini level EURUSD mulai terangkat kembali sampai sempat mendekati
level 1.3.

Biasanya siklus seperti ini akan berlangsung beberapa minggu, tapi entah apa
yang akan terjadi sekarang.

Akhir-akhir ini saya mulai berguru pada seorang Master yang bermukim di
Michigan. Saya menyadari bahwa gaya saya yang selalu adu modal ini tidaklah
ideal karena bisa membahayakan pada suatu saat seperti sekarang ini, walaupun
gaya ini telah menghasilkan keuntungan beberapa ratus kali lipat dari modal
awal saya tahun lalu di mana seburuk apapun posisi yang telah  saya ambil, saya
tidak pernah melakukan 'cut loss' ataupyn punya posisi 'stop loss' dan akhirnya
berakhir dengan memberikan keuntungan.

Sang Master secara teratur memberikan wejangan lewat kiriman video yang intinya
menyiapkan kondisi mental saya untuk permainan ini, hal mana sebenarnya saya
tidak perlukan karena saya sudah mengenal permainan ini sejak awal tahun
1990-an saat mana saya masih bekerja di Jakarta saat itu. Tapi ada satu hal di
mana dia mengingatkan akan perlunya untuk punya target.

Sekarang ini sebenarnya target saya hanya untuk mendapatkan tambahan beberapa
ribu dollar per bulan diluar penghasilan saya dari bekerja sehari-hari hal mana
sudah tercapai. Beliau mempertanyakan apakah saya punya target untuk 5 tahun
mendatang? Melihat kolega lama saya yang sudah bekerja lebih 15 tahun belum
lama ini dapat pesangon, jadinya saya harus bersiap-siap juga. Sedia payung
sebelum hujan.

Setelah mendalami sistem yang beliau ajarkan di mana persiapannya demikian
banyak sebelum melangkah untuk mengambil suatu posisi, saya yakin ini adalah
cara yang benar dan cara inilah yang sudah digunakan para 'big boys' dalam
permainan ini.

Sang Master mengatakan bahwa persiapan untuk mengambil suatu posisi itu
ibaratnya seperti persiapan untuk merampok bank. Sedemikian cermatnya hingga
jika ada sesuatu yang kita tidak sreg, maka batalkan saja pemasangan posisi
tersebut karena kunci utama permainan forex adalah 'money management' di mana
keutuhan modal kita merupakan prioritas utama dan ini sama sekali bukan
permainan judi. Tentunya kekalahan adalah sesuatu yang wajar dan bisa diterima
dengan target jumlah menangnya harus jauh lebih banyak.

Jika Tuhan berkenan, untuk pertama kalinya saya punya target besar dalam hidup
saya di mana saya akan mencoba sementara masih bekerja sekarang ini untuk
mendapatkan keuntungan per bulan yang besarnya melebihi pendapatan saya dari
bekerja sehari-hari.

Satu hal adalah saat kita menang banyak maka kita juga punya tanggung jawab
sosial untuk mendermakan sebagian hasil kemenangan bagi orang-orang yang kurang
beruntung dan membutuhkan bantuan.