Saya masih punya beberapa posisi dalam dollar kiwi dan posisi-posisi ini
merupakan kesalahan saya pada tahun lalu dengan akibatnya tentu saya harus
menebus kesalahan tersebut. Robot forex saya yang hampir 100% aktif sepanjang
waktu selama ini dalam pasangan mata uang NZDUSD adalah murni untuk
mengumpulkan recehan sebagai pengganti biaya bunga harian yang harus saya
tanggung karena mempertahankan beberapa posisi 'short' yang berkepanjangan
karena saya tidak mau melakukan 'cut loss' sebelumnya.

Saya sudah lama mengetahui bahwa nilai tukar dollar kiwi terlalu tinggi
akhir-akhir ini, tapi herannya para pengamat forex dunia lebih terpaku pada
terlalu tingginya nilai tukar dollar Aussie. Terakhir gubernur bank sentral
Selandia Baru, Graeme Wheeler, mengungkapkan sendiri kenyataan tersebut.
Dinyatakan juga bahwa bank sentral NZ sudah melepas sebanyak 256 juta dollar NZ
dalam bulan April yang lalu untuk melemahkan nilai tukar. Tapi apa artinya
intervensi tersebut dibandingkan dengan putaran dana rata-rata sebesar 10,1
billion dollar kiwi per harinya?

http://www.bloomberg.com/news/2013-05-29/wheeler-says-rbnz-ready-to-step-up-sales-of-over-valued-currency.html

Walaupun sudah untuk kesekian kalinya Graeme Wheeler menyatakan hal tersebut,
tapi nilai tukar dollar kiwi pada waktu-waktu sebelumnya hanya sempat turun
sedikit untuk kemudian melambung lagi. Tapi kali ini dia mengancam untuk lebih
serius lagi untuk melakukan intervensi. Jadi sinyal sudah diberikan lagi dan
gayungpun akhirnya bersambut semalam.

Kemarin malam hingga Sabtu pagi hari waktu Sydney terjadi pergerakan besar di
mana dollar kiwi rontok sebanyak 164 'pips'. Walaupun penurunan lebih banyak
terjadi pada pasangan mata uang NZDUSD, tapi dengan adanya korelasi antar
pasangan mata uang, maka pasangan mata uang yang terkait seperti AUDUSD,
USDCAD, GBPUSD dan EURUSD juga ikut terpengaruh.

Sekarang kita main hitung-hitungan.

Currency pair:    NZDUSD
Leverage:         1: 600
Volume:           1 lot
Account Currency: USD
Current quote:    0.7943
Value of 1 pip:   1.00
Margin:           13.24

Misalkan saja semalam kita memasang posisi 'short' pada pasangan mata uang
NZDUSD sebanyak 10 lot di mana dibutuhkan dana sebanyak sekitar USD 130. Dengan
hanya memanfaatkan kemenangan sebanyak 100 'pips' saja semalam, maka sudah bisa
didapat keuntungan sebesar USD 1000.

Jadi sebenarnya kita tidak memerlukan dana yang besar untuk bermain forex
karena dana sebesar USD 130 adalah biaya yang dikeluarkan untuk menikmati
'steak' bagi dua orang di Sydney.

Tak heran kalau sekelompok para pensiunan asal Indonesia tertentu  di Australia
memanfaatkan waktu luang mereka untuk memperkaya diri dengan bermain forex
bukan?