Nggak masalah.

Persoalan intinya bukan dulu-duluan atau asli-palsunya,
tapi akal sehat.

Selama serbuan ke Sabra-Shatila, Afghan, Irak dll dianggap
sesuai dengan akal sehat mereka ya silakan. Toh kesehatan akal
model begitu akan diuji dengan reaksi yang muncul.

Yang pasti, munculnya para whistleblower (seperti susan
lindauer dan paling mutakhir edward snowden), semakin membuktikan
bahwa yang mereka sangka "akal sehat" hanyalah bentuk lain
dari paranoia yang melahirkan akal-akalan. Nggak lebih nggak
ngutang.

Mereka mau seperti sopir bajaj yang seneng dulu-duluan sampe
atau seperti waria yang keperempuan-perempuanan (lengkap dengan
kutang segala) ya silakan. Itu cuma pilihan.

Tapi mengandung resiko & konsekuensi.

Sialnya, kebanyakan mereka pasti mewek-mewek menghadapi
resiko & konsekuensi dari pilihannya sendiri. Kalangkabut
melihat kenyataan yang ada nggak sesuai dengan akal-akalan
mereka. Minimal menyalahkan orang lain untuk ketololan-
ketololannya sendiri.

Contohnya uplik si pakar mewek. Memilih pake kutang ateis
tapi asyik memaki-maki yang menurutnya nggak ada. Sambil,
tentu saja, memakai hadis sebagai dasar argumennya.

Alangkah tolol kan kedunguannya.

Ya nggak?