Gunakan agama hanya sebatas "Hiburan" atau "Entertainment", jangan sekalipun
menjadikan agama sebagai "Hukum" yang akibatnya cuma menimbulkan bencana
kemanusiaan.  Bencana yang dialami umat Islam Syiah dan Ahmadiah adalah karena
penyalah gunaan agama sebagai "hukum" dan bukan lagi sebagai "Hiburan"
melainkan sudah menjadi "ancaman", "terror", dan "Pemaksaan".

> "ttbnice" <rparapat@...> wrote:
> Muskita mungkin benar. Tapi ada
> satu hal yang dia lupakan. Agama
> memberikan harapan. Harapan inilah
> yg sering mendorong manusia
> mengeluarkan effortnya sampai
> sering melebihi batas kemampuannya
> sendiri.

Oooh... hal itu sudah saya bilang dan saya tulis, bahwa dongeng2 itu membawa
pesan2 yang diharapkan yang bisa memajukan kelompoknya dalam berbagai pemecahan
masalah2 hidup ini.

Malah saya contohkan jendral yang membuat rencana siasat strategi perang itu
pun hanyalah khayalan yang berupa "idea" yang sama sekali bukan kenyataan.
Namun dalam perang sesungguhnya, khayalan idea ini akan berpotensi menjelma
menjadi kenyataan2 yang sudah dipersiapkan.

Ukiran2 patung2 yang begitu indahnya yang mampu diciptakan oleh umat Hindu
itupun merupakan kreasi2 yang luar biasa dari dorongan kepercayaan2 umat itu
kepada agamanya, bahkan merupakan keimanan dalam pengabdian sang umat kepada
agamanya.

Oleh karena itu, sudah saya dengan tegas menyimpulkan bahwa Agama adalah
KEGIATAN manusia dalam mengharmoniskan hubungan antar sesamanya yang menyangkut
cuma sebatas kerja sama, tolong menolong, hiburan (entertainment) DAN JANGAN
SEKALI2 digunakan untuk menegakkan keadilan yang memutuskan salah benarnya
seseorang serta menjadi alat penghukuman manusia yang dianggapnya bersalah.

Ny. Muslim binti Muskitawati.