Ini TEM kalau masih kurang.

              Kardinal Inggris Mundur Karena Skandal Seks Sesama Pria
dengan Empat Pastor
VATICAN CITY (voa-islam.com) –  Lagi-lagi Katolik digegerkan oleh
skandal seks pastur gay. Gilanya,  Uskup Agung di Inggris ini terungkap
melakukan skandal seks sesama pria  dengan dengan empat rohaniawan
sekaligus: tiga pastur dan seorang mantan  pastur.

Belum reda kehebohan jagat Katolik pasca  pengunduran diri Paus
Benediktus XVI, jelang pemilihan paus baru,  Katolik dihebohkan dengan
mundurnya Kardinal Inggris Keith O'Brien,  Uskup Agung St Andrews
dan Edinburgh. Padahal  pastur paling senior  dalam Gereja Katolik di
Inggris tengah digadang-gadang maju menjadi  calon Paus. Gara-garanya,
skandal seks sesama pria (gay) yang  dilakukannya terhadap tiga pastor
dan seorang mantan pastor pada era  1980-an diungkap di media massa.

Vatikan telah mengukuhkan pengunduran  pastor itu dari Keuskupan Saint
Andrews dan Edinburgh, Senin  (25/2/2013). Dengan keputusan ini,
otomatis Inggris tidak memiliki  perwakilan dalam ritual untuk memilih
Paus yang disebut konklaf.

"Semua orang terperanjat atas cepatnya  Roma menanggapi hal
itu," kata Austen Ivereigh, direktur kelompok  advokasi gereja
Inggris, Catholic Voices. "Jelas sekali Roma melihat  adanya bukti
yang cukup atas tuduhan tersebut. Mereka tidak akan  memintanya mundur
kecuali kalau mereka mengetahui hal ini memang layak  untuk
diselidiki," tambahnya.

Pengunduran diri ini semakin memperkeruh  wajah para rohaniawan Katolik
yang dianggap suci oleh umatnya. Karena  pada saat yang sama, para
kritikus gencar mengampanyekan penolakan  terhadap Kardinal Roger M.
Mahony untuk mengikuti pemilihan paus baru.  Mereka menolak kardinal
dari Los Angeles Amerika Serikat ini, terkait  kasus skandal gereja
dengan menyembunyikan berbagai kasus pedofilia di  keusukupannya.

Tak hanya itu, keputusan ini juga  terjadi hanya dalam beberapa hari
setelah Sekretariat Kepausan Vatikan  mengeluarkan pernyataan yang tajam
menanggapi berbagai laporan media,  termasuk tuduhan skandal seks
pasangan sesama jenis di dalam Vatikan.

Pengumuman Kardinal O'Brien dilakukan sehari setelah media Inggris
The Observer  melaporkan adanya tiga pastor dan satu mantan pastor yang
telah  mengajukan keluhan kepada wakil diplomatik Paus di Inggris,
Antonio  Mennini.

Menurut The Observer, berbagai  pelecehan seksual sesama pastur ini
terjadi pada tahun 1980-an ini telah  diteruskan ke Vatikan. Tiga pastur
dan seorang mantan pastur melaporkan  Kardinal Keith O'Brien telah
melakukan pelecehan seksual terhadap diri  mereka.

"Saya terpaksa berhenti sebagai pastur  bukan untuk menikah, tapi
menyelamatkan integritas saya dari tindakan  O'Brien," ujar
seorang mantan pastur seperti diberitakan media The Observer, Selasa
(26/2/2013).

Menurut mantan pastur itu, dirinya sudah  didekati O'Brien sejak
menjadi calon pastur di seminari St. Andrew,  Drygrange pada tahun 1980.
Dia pun memutuskan berhenti sebagai pastur  ketika O'Brien makin
berkuasa setelah dilantik sebagai Uskup. "Dia  memiliki kekuasaan
untuk memaksakan kehendaknya kepada saya," tuturnya.

Dalam pernyataan pengunduran dirinya,  Kardinal O'Brien meminta maaf
kepada orang-orang yang telah disakitinya.  "Bapa di Surga kini
telah memutuskan bahwa pengunduran saya akan  dimulai hari ini, 25
Februari 2013. Melihat ke belakang pada tahun-tahun  pelayanan saya,
untuk setiap kesalahan saya memohon maaf kepada semua  yang telah saya
sakiti," katanya.

Ia menegaskan tidak akan mengikuti acara  pemilihan paus baru di
Vatikan. "Saya juga meminta berkat Tuhan atas  para Kardinal yang
akan segera berkumpul di Roma. Saya tidak akan  bergabung dengan mereka
untuk konklaf ini secara pribadi. Saya tidak  berharap perhatian media
di Roma berfokus pada saya, tapi bagi Paus  Benediktus XVI dan
penggantinya," tegasnya.

Kardinal O'Brien pernah menjabat sebagai  Kepala Gereja Katolik di
Skotlandia sejak 1985, dan dinotabkan sebagai  Kardinal oleh Paus
Yohanes Paul II pada tahun 2003. Saat pemilihan Paus  Benediktus XVI
tahun 2005, O'Brien termasuk di antara para kardinal pada  konklaf.

Para pengamat Vatikan menilai keputusan Kardinal O'Brien untuk tidak
mengikuti konklaf sebagai hal yang tidak lazim.

"Ini adalah hal yang tak pernah terjadi  sebelumnya. Dia memperjelas
bahwa pengunduran dirinya dilakukan di bawah  tekanan tuduhan. Kasusnya
ini tentunya sangat jarang dan belum pernah  terjadi dalam sejarah
konklaf," kata Sandro Magister, pakar soal  Vatikan, pada majalah
Italia L'Espresso.

Selama ini,  untuk waktu yang lama  Vatikan dapat menangkal kritik
terhadap kardinal-kardinal lain yang  diduga terlibat dalam upaya
menutupi tuduhan pelecehan seksual.

Namun tuduhan-tuduhan kali ini sangat  serius karena Kardinal
O'Brien diberitakan terlibat langsung dalam  perilaku tak pantas
terhadap pastor lain. [taz/dbs]

Paulus anak wedus.