wartawan (w):assalamualaikum sdr jusfiq. maaf mengganggu jogging anda. saya
wartawan al jazeera cabang belanda. ingin bincang2 dgn anda sejenak.

jusfiq (j): waalaik... eh sorry saya ngga mau ngomong arab, saya sebel sama
orang arab.

w:tapi bukannya nama jusfiq itu berbau arab?

j:sudahlah, pokoknya saya sebel sama orang arab!

w:ok..ok.. boleh tau sudah berapa lama anda tinggal di belanda?

j:saya tidak ingat, pokoknya sudah terlalu lama.

w:umur anda?

j:73

w:pekerjaan anda apa selama di belanda?

j:anda sudah melanggar privacy saya, pertanyaan itu tidak layak untuk diajukan.

w:oh maaf. biasanya orang tidak mau menjawab waktu ditanyakam soal umur
tapi tidak pernah keberatan kalau ditanya soal pekerjaan.

j:saya bukan orang biasanya.

w:ok. saya mengerti. menurut anda bagaimana lalu lintas di belanda?

j:lancar semua, tidak pernah macet.

w:begitu ya. tapi menurut forbes rotterdam masuk urutan no. 8 sebagai
kota termacet di dunia. bagaimana menurut pendapat anda?

j:siapa itu forbes? pasti orang islam ya. anda jangan percaya omongan orang
islam yg dungu2 itu.

w:forbes itu nama media pak. sebuah majalah terkenal.

j:oh majalah toh. berarti itu majalah pembual. orang belanda jarang yg punya
mobil.

w:anda tau berapa rasio jumlah mobil dan penduduk di belanda?

j: 1:15.000?

w:itu di timor leste pak. menurut wikipedia rasio jumlah mobil dan
penduduk di belanda adalah 1:2. setiap 2 orang belanda punya 1 mobil.

j:siapa itu wikipedia? pasti orang islam juga ya.

w:nevermind. anda tidak percaya dgn wikipedia?

j:kalau dia orang islam, jelas saya tidak akan percaya.

w:anda juga tidak percaya dgn apa yg dikatakan forbes?

j:samasekali tidak.

w:jadi apa yg anda percaya?

j:anjing.

w:maaf?

j:anjing! anda tau yg namanya anjing?

w:tentu

j:nah anda adalah wartawan bermental anjing!

w:?????

(uplik meneruskan joggingnya sambil menggerutu)