Istri saya BM ... "yah ...anak anak titip cilok buat buka puasa yah !" hehehe
... aya aya wae ...

"Cilok" adalah makanan dari aci ...dilumuri sama sambelkacang...biasanya
dicolok sama bambu kayak sate. ini makanan moal aya di amerika, moal aya di
australia, moal aya di korea di tempat nya arra ... makanan "proletar". Makanan
"kampung" ... namun sudah sangat merakyat ...

"Combro" (oncom dijero) atawa "Surabi" juga jadi makanan yang "diburu" di saat
berbuka ... eta surabi imut di setiabudi apanan penuh terus. antriiii....
surabi "gaul" yang ada berbagai rasa nya.

bicara surabi ... kemaren waktu masih di tangerang selatan, apan saya suka
merhatiin ada ibu ibu tua jualan surabi pakai tungku. beberapa hari saya
perhatikan die jualannya sepi ... sementara yang lain pada rame, kayaknya die
sepi sendirian ...

Saya jadi inget orang tua di rumah yang sempat secara rutin membeli mie goreng
1 sampai 2 bungkus namun mie itu nddak dimakan, mie itu besoknya "dikasih" ke
ikan. jadi pakan ikan. Dilempar ke kolam ikan.

Saya tanya ke ibu "Ngapain atuh beli mie tiep malam kalau nddak buat dimakan
mah ?" Ibu ngejawap "Itu tukang mie baru ... anaknya banyak...istrinya baru aja
meninggal...bari saja kena PHK ... ya niatnya kita bantu agar jualannya laku
... ". saya diem. jawapan itu apan diluar dugaan saya ya.

karena inget itu, saya jadinya mampir ke si ibu surabi. Sumpah sayamah nddak
suka makan surabi. tapi ya motivasinya mau bantu aja. Saya keluarin duit noban.
Saya nddak ngerti dapet surabi berapa biji dan saya juga lagi mikir ini surabi
mau dikemanain ( akhirnya saya dapat ide ngasih surabi itu ke bapak satpam )

Ketahuan kenapa surabi itu nddak laku ...
pak satpam bilang kalau beli surabi "di anu ", kalau surabi inimah
mahal...kecil...dan kurang enak. tentui saja bukan pak satpam tidak berterima
kasih sama saya, die cuma memberitahu saya bahwa ada surabi yang lebih besar,
lebih enak dan lebih murah. Pak satpam tentu nddak tahu saya beli surabi itu
bukan karena itu nya.

udah dulu. Istri saya udah nunggu. Jam segini selama di bandung saya rutin
keluar berdua saja sama istri saya. jalan aja di seputar rumah. palingan ke
jalan dago, tubagus ismail, trus naik lagi ke atas.

selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang lagi puasa.
selamat tidak menunaikan ibadah puasa bagi yang nddak puasa.
bebas bebas aja dah, udah pada gede pan ?
mau puasa ya monggooo, nddak puasa ya terserah.
dua duanya saya kasih selamat aja deh.

Wuuuuzzzzz !
bandung euy !