Awalnya temen saya ini jelas ateis ( lha, sekolahnya di Amerika, hidup di
Hollywood, masa iye masih percaya sama tuhan neh ;-) ). Jadi ... karena saat
itu die ateis, maka die nddak shalat, nddak puasa. Pokoknya semua hal harus
logis, harus masuk akal.

Suatu saat temen saya cerita bahwa die menemukan tuhan di toilet saat "Pup".
Saya tanya "Lho, kok bisa ?" temen saya dengan antusis bercerita " Iya ! Bener
! Saya "menemukan" Tuhan di Toilet ! " Temen saya ngambil sebatang rokok,
nyalain rokok, minum kopi dikit, kemudian melanjutkan ceritanya ...

"Selama ini saya selalu bertanya dimana tuhan ? bertahun tahun saya cari,
sekian bayak orang saya tanya, dan saya nddak menemukan jawabannya. Namun saat
saya sedang di toilet, saya tiba tiba menemukan jawabannya ! Saya yang goblok !
Tuhan kok ditanya ada di mana ! Ya seumur umur nddak bakalan ketemu ! Tuhan itu
tak terikat tempat dan waktu "

selang beberapa tahun kemudian

Saya dateng ke rumah nya, pembantu nya bilang "Bapak masih di kamar, biasanya
habis maghrib suka wirid sampai isya ..."

Luar biasa :-)

Saat bertemu, ternyata ada cerita baru. "Ada orang pnya hutang ke saya 500
juta, saya sudah nagih dengan berbagai cara, pakai cara baik - baik sudah,
pakai preman sudah, pakai polisi sudah, itu orang tetep aja nddak bayar !
Kemudian ... saya shalawat nariyah 4444 kali ... dan ajaip ! Tanpa angin tanpa
ujan, kurang dari seminggu itu orang datang sendiri bayar semua hutangnya !"

Temen saya kemudian bilang "Ini nddak masuk akal, dan berapa banyak kejadian
hidup ini yang memang tidak mampu diterjemahkan oleh akal ... namun akal juga
tak bisa memungkiri bahwa meskipun akal ini tidak bisa memahami proses apa yang
sebenernya terjadi, namun kenyataanya apan yang nddak masuk akal itu bener
bener terjadi ! Saya nddak ngerti apa hubungannya baca shalawat 4444 kali
dengan ujuk ujuk orang itu bayar hutang, sepintas nddak ada hubungannya, nddak
masuk akal. namun bener bener terjadi "

Jika akal bisa bener bener "sakti" dalam memprediksi masa depan, sehingga tahu
apa yang akan terjadi sebelum semuanya terjadi, apanan keindahan idup ini jadi
ilang ya ?

Dan kalimat ini saya dapetin dari temen saya yang suka maen saham di Cisangkui
... "Sayamah hidup itu mengalir aja ... nddak pnya keinginan ini itu ... dan
jika saja setiap manusia boleh memiliki keinginan dan berkuasa mewujudkan semua
keinginannya terwujud 100% , maka cba bayangkan ...betapa akan kacau nya dunia
ini ...seseorang ingin mobil - sim salabim ! - langsung ada ! mau kawin ...--
sim salabim ! -- langsung ada. Mau mie tektek ..--- sim salabim ! --- langsung
ada. Mau berwisata ke amerika -- sim salabim ! -- langsung ada di amerika. Sok
bayangin ... jika sekian milyar manusia memiliki sekian banyak keinginan dan
semua manusia diberi kekuasaan untuk dapat mewujudkan semua keinginannya 100%
terwujud ... kayaknya dalam hitungan detik dunia ini bakalan ancur.

gituh.