Tadi temen saya dari Banjarmasin mampir. Dari Bandara Suta langsung ke sini,
sekarang udah jalan lagi ke Cilacap katanya. Die pengen kerja sama saya. Saya
bilang pikir - pikir dulu, apan di Banjarmasin juga udah punya kerjaan bagus
atuh ...

Orangnya bagus. Jujur. Loyal. Belum menikah. Pekerja keras. Nddak banyak
ngomong kayak si item. "Teach-able".

Sambil makan malam saya tadi bilang, apan sejago - jago nya manusia, kitamah
nddak bisa meramal masa depan. Demikian juga dalam bisnis, kita kagak tahu
besok bakal bagaimana. Karena kalau kita bisa memprediksi hari esok dengan
akurasi 90%, maka kita nddak perlu takut miskin.

Sebagaimana hidup, bisnis itu apanan ujung-ujungnya ya mengalir aja. Nddak usah
ngoyo. Tinggal merevisi niat dari niat cari duit menjadi niat untuk berkarya
dan bermanfaat bagi orang lain. Kalau niat nya cari duit apanan bisa gagal,
namun kalau niat nya berbuat kebaikan untuk orang lain, mau dapet duit mau
kagak apanan tetep saja berhasil. Maksutnya... kalau niat kita berbuat baik,
maka meskipun bisnis ini nddak menghasilkan duit, namun karena parameter
keberhasilannya adalah bukan duit, maka 100% pasti berhasil. 100% nddak akan
gagal. Lha, mau gagal gimana ? Wong siapa saja apanan pada dasarnya pasti bisa
berbuat baik. syaratnya cuma satu : ke-mau-an.

jadi...

saya pesen waktu saat makan malam tadi, kalau mau kerja sama saya, niatnya
jangan cari duit, percuma.

Saya butuh karyawan yang mencintai pekerjaannya. Bangga dengan pekerjaannya.
dan mencurahkan 25 jam sehari pikirannya buat pekerjaan yang dicintainya. kalau
udah gini, hukum alam bakal terjadi, sesuatu yang kita sirami setiap hari
dengan rasa cinta apanan mau nddak mau suka nddak suka akan menumbuhkan sekian
banyak bunga yang indah berwarna warni.

Sayamah apanan udah mulai menua. Saya nddak mau lagi dipusingkan dengan hal -
hal yang nddak jelas juntrungannya. Saya sudah sampai pada suatu kondisi dimana
saya hanya fokus pada hal - hal yang membahagiakan saya.

Salah satunya yaitu dengan mulai menghapus rasa benci pada siapapun, dengan
nddak cepat marah, karena tidak ada satupun manusia bisa hidup bahagia dengan
menyimpan sekian banyak dendam, marah dan kebencian.

jadi ...

Kalau di milis ini ada manusia yang tiep ari marah - marah melulu ... itu
pertanda pasti bahwa die tidak bahagia.

( gimana mau bahagia coba, lha tiep ari kerjanya cuma bisa joging doang kok ...
)

Untung saya hidup di Indonesia.
Bukan di Belanda.