Pertama :

Di layar kaca -- kalau saya rangking -- pendeta2 kristen jauh lebih antusias
dan terlihat cerdas dalam berkhotbah. Sementara Pendeta2 Hindu dan Budha
terlihat cool, calm, confident sedangkan para ustat Islam yang berlaga di layar
kaca malah ada yang menamakan dirinya Cepot, ada yang sibuk jadi bintang iklan,
namun semuanya sama : Cuma berusaha membuat penonton tertawa terbahak - bahak
dan nyaris tidak ada satu titik pun manfaat yang bisa dipetik dalam arti tidak
ada perubahan ke arah yang lebih baik antara sebelum dan sesudah mendengarkan
lawakan para ustat ( selain beli larutan penyegar kalau panas dalam atawa pakai
sim card dari operator selular tertunta karena himbauan "hai jamaaaahhhh !
Alhamduuuu ...... )

Kedua :

Karena saya Muslim, saya menghimbau terutama MUI jangan banyak - banyak
mengeluarkan Fatwa atau saya menghimbau Pemerintah via menteri agama agar
melarang MUI mengeluarkan fatwa apapun. Kenapa ? Karena ini apan bukan negara
Islam. Lagian definisi ulama menurut alquran adalah orang yang takut pada
Allah, bukan orang yang ngaku ulama atau dikasih gelar ulama.

Ketiga :

Sebaiknya Umat beragama belajar di kampung petar. belajar berbeda pendapat dan
belajar untuk melihat agama dari berbagai sisi sehingga muncul sikap plural
dalam arti nddak merasa benar sendiri.

Ini Indonesia.
dan kelebihan negeri ini dibanding negeri manapun di dunia adalah ke harminis
an penduduknya yang berbeda beda keyakinan namun ( sebaiknya ) hidup rukun dan
saling menyayangi.

Ka Jakarta heula euy !

Merdeka !