mBah Harto dulu sering ngomong Orang bisa mengalahkan musuh itu hal
biasa,yang sulit itu MENANG TANPA NGASORAKE.Sayang dia tak mau
ngasih tahu contoh yang agak detail.Hanya bilang artinya bisa
mengalahkan lawannya tanpa harus si lawan merasa terhina.
Saya mencoba contoh dari Rasul dan Sahabat yang menurut saya contoh
menang tanpa ngasorake tadi.
I.Waktu di Makah rasul tiap hari selalu dilempari sapah pas mau
kepasar,lau sampai suatu saat sipelempar tadi absent beberapa hari
tdk nglempari lagi.Lalu Rasul nyari orang tsb yang rupanya sedang
sakit,lalu Rasul kerumah orang tsb lalu membesuknya.Wah yang
dibesuki malah nagis dan bilang banyak temenku saja gak nengok kok
engkau malah sudi membesukku padahal tiap hari kamu saya
hina.Sekarang saya bersedia syahada.

II.Saat hijrah ada sahabat Q yang tersusul oleh W lalu terjadi duel
mereka berdua.Mula2 Q terjatuh dan pedang W sudah ditempelkan
kelehernya,sambil berkata : Siapa yang akan dapat menolongmu? Dengan
tenang Q menjawab:ALLAH.Entah karena jawaban yang tenang dari Q tadi
lalu gemetarlah tangan W bahkan pedangnya bisa direbut oleh
W,sekarang giliran W yang ditodong sambil bilang:Nah siapa yang akan
menolongmu? Dia hanya meludahi muka Q.Anehnya Q tak jadi menusukkan
pedangnya dan bilang:Kalau kalian tak bunuh sekarang yang dalam
keadaan marah karena ludahmu itu ,saya membunuh bukan karena Allah
tapi karena nafsu amarahku(itu dilarang).Lebih baik kau tak lepas
dulu.Nanti kalau lain kali buat perhitungan lagi.
Si W lalu mengikuti Q mengucap syahada .
Kesimpulan:
Syarat orang bisa menang tanpa ngasorake adalah adanya abundant
mentallity ( berlimpah ruah ).Masalahnya apa orang sekarang masih
ada yang bisa seperti itu? Sebenarnya masih banyak lagi contoh tapi
ini saja dululah.
Tawangalun.

List owner  :  [EMAIL PROTECTED]